Jumat , 09 June 2017, 20:09 WIB

AMIK BSI Yogyakarta Gelar Ujian Calon Perangkat Desa

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Kandidat perangkat desa Ambarketawang mengikuti seleksi di AMIK BSI Yogyakarta.
Kandidat perangkat desa Ambarketawang mengikuti seleksi di AMIK BSI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- AMIK BSI Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Desa Ambarketawang menyelenggarakan ujian praktik keahlian komputer bagi calon perangkat Desa Ambarketawang. Kegiatan tersebut diadakan  di Laboratorium AMIK BSI Yoyakarta, Jalan Ringroad Barat, Ambarketawang, Sleman, Senin (5/6).

Pimpinan AMIK BSI Yogyakarta Diah Pradiatiningtyas SE,  MSc mengatakan, kerja sama ini dilakukan bertujuan untuk menjaga proses seleksi berjalan secara jujur dan bebas dari unsur korupsi kolusi dan nepotisme.

“Kami ingin membantu Desa Ambarketawang memilih perangkat desa yang mempunyai pengetahuan yang baik dan memiliki sikap keteladanan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengabdian masyarakat kami sebagai civitas akademi dalam menigkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan masyarakat,” ujar Diah.

Diah menambahkan, ujian ini diikuti oleh 12 orang calon. Mereka terdiri dari dua   orang kandidat Sekretaris Desa, dua  orang kandidat Kepala Seksi Pemerintahan, dua  orang kandidat Kepala Seksi Kesejahteraan, tia  orang kandidat Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum dan tiga  orang kandidat Dukuh.

Pada proses ujian, lanjut Diah, kedua belas calon tersebut harus melalui proses seleksi beberapa tahap yang diawasi oleh Dosen AMIK BSI Yogyakarta Supriyatna. Seleksi tersebut mencakup kemampuan pengoperasian dan pengelolaan data maupun kata menggunakan aplikasi komputer. Hasil dari tes ini sebagai salah satu acuan panitia seleksi untuk menentukan calon terpilih.

Selain itu, Diah menjelaskan lebih lanjut, para kandidat juga melalui beberapa tes, yakni tes tertulis, test wawasan umum dan kebudayaan lokal gamping yang dilaksanakan pada 7 Juni 2017, bertempat di Kantor Balai Desa Ambarketawang.

Kepala Desa Ambarketawang Sumaryanto yang didampingi oleh Ketua Panitia Seleksi Calon Perangkat Desa Ambarketawang Sugiman menyampaikan harapannya dengan proses seleksi yang dilaksanakan bersama AMIK BSI Yogyakarta.

“Kami berharap dengan proses ini sebagai salah satu upaya kami untuk mendapatkan perangkat Desa Ambarketawang yang memiliki kualitas yang diharapkan untuk memimpin desa ke depannya. Kami berharap, Desa Ambarketawang dapat lebih maju lagi, baik dari perekonomian maupun kesejahteraan rakyatnya,” harap Sumaryanto.