Selasa , 13 June 2017, 01:11 WIB

AMIK BSI Purwokerto Targetkan 50 Proposal Lolos PKM

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Mahasiswa AMIK BSI Purwokerto antusias mengikuti semina Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Mahasiswa AMIK BSI Purwokerto antusias mengikuti semina Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- AMIK BSI Purwokerto pada tahun ini menargetkan sebanyak 50 proposal penelitian mahasiswa dapat diikutsertakan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pendanaan tahun 2018.

Untuk mencapai target tersebut, AMIK BSI Purwokerto mengadakan sosialisasi PKM yang dikhususkan untuk semua mahasiswa semester 4 program studi Manajemen Informatikan dan Teknik Informatika. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kampus AMIK BSI Purwokerto, Jalan  Dr  Bunyamin nomor 106, Pabuaran, Purwokerto, Kamis (8/6).

Kegiatan ini digelar untuk memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Nuzul Imam Fadlilah ST., MKom selaku narasumber sekaligus Ketua Program Studi Teknik Informatika mengatakan, setidaknya ada enam  jenis PKM yang bisa dilaksanakan tiap tahunnya yaitu, PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Gagasan tertulis (PKM GT) dan PKM Artikel ilmiah (PKM AI).

“Program seperti ini memberikan kesempatan kepada  mahasiswa BSI untuk mengembangkan kreativitasnya. Dan tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat mereka untuk ke depannya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini diberikan pula tips dan trik kepada mahasiswa agar proposal yang diusulkan lolos seleksi. Para mahasiswa yang umumnya baru mengetahui kegiatan PKM juga sangat antusias dalam mendengarkan setiap materi yang dijelaskan narasumber.

“Ini akan jadi kesempatan buat kami sebagai mahasiswa untuk menuangkan ide ke dalam sebuah penelitian dan juga jadi bekal kami dalam menghadapi tugas akhir nanti di semester 6,” kata Husni,  salah satu peserta.