Kamis , 22 Juni 2017, 12:38 WIB

Universitas BSI Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Pimpinan Universitas BSI memberikan santunan kepada yatim dan dhuafa.
Pimpinan Universitas BSI memberikan santunan kepada yatim dan dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ramadhan 1438 H,  Universitas BSI kembali menyelenggarakan kegiatan Berbagi Sesama Insan. Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kampus Universitas BSI, Jalan  Sekolah Internasional nomor 1-6, Antapani, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/06) pekan lalu.

Kegiatan yang mengusung tema “Al-Quran dan Sedekah Jalan Menuju Khusnul Khatimah” ini mengundang 100 anak yatim. Mereka berasal dari PSAA Al-Hayat, Panti Asuhan Anak Malikul A’la, Rumah Yatim, serta anak yatim warga lingkungan sekitar kampus.

Rektor Universitas BSI  Dr  H  Purwadhi MPd mengatakan,  bersedekah atau memberikan sebagian harta yang dimiliki merupakan tindakan yang sangat terpuji. “Memberikan sedekah tidak pandang orang dan waktu. Kita sebagai manusia sudah sepatutnya bersedekah atas harta yang kita miliki," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai umat Islam,  perintah sedekah telah dijelaskan dalam Al-Quran. "Seperti pada surat Al-Baqarah ayat 177, disebutkan bahwa memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang meminta-minta dan membebaskan hamba sahaya, dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat,” jelas Purwadhi.

Kepala Kampus BSI Bandung Maxsy Ari menjelaskan, kegiatan rutin tahunan ini merupakan sarana untuk menjalin kebersamaan dan berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan bersama anak yatim, warga sekitar kampus, mahasiswa dan seluruh civitas akademik yang ada dilingkungan Universitas BSI.

Lebih lanjut Maxsy menjelaskan, selain menyantuni anak yatim, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Bazar Ramadhan dari mahasiswa Universitas BSI dan tausiyah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Shally Sabbih Abada. Ia adalah  Pimpinan SMP Al-Fatih, sekaligus Kepala Pondok Pesantern Al-Maraat Bandung.

Sedangkan untuk bantuan, lanjut Maxsy, yang berupa uang tunai dan bingkisan untuk anak yatim ini berasal dan dukungan dari para sponsor maupun donatur baik dari masyarakat umum, dosen, karyawan maupun mahasiswa Universitas BSI.

“Terima  kasih kami ucapkan kepada para sponsor maupun donatur yang telah menyisikan sebagian rezekinya untuk membantu kebutuhan anak yatim maupun dhuafa melalui kegiatan ini,” ujar Maxsy.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan khususnya untuk anak-anak yatim dan semakin mempererat kekeluargaan antara mahasiswa, dosen, dan civitas akademik yang ada di kampus Universitas BSI,” ujar Maxsy.