Senin , 31 July 2017, 17:29 WIB

APTIKOM akan Gelar Konferensi Internasional (ICIC) 2017

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Pembukaan International Conference on Informatics and Computing (ICIC) 2016.
Pembukaan International Conference on Informatics and Computing (ICIC) 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Assosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) bekerja sama dengan Universitas YAPIS Papua, Jayapura  sebagai host dan STMIK Nusa Mandiri Jakarta sebagai co-host akan menggelar International Conference on Informatics and Computing (ICIC) 2017.

Konferensi internasional yang mengusung tema ‘Peningkatan Kompetensi SDM TIK dan Daya Saing Daerah di Era Global’ ini akan digelar pada tanggal 1-2 Nopember 2017 bertempat di Aston Hotel, Jayapura, Indonesia.

Konferensi internasional yang dilaksanakan kedua kalinya ini akan membahas dan bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman pada bidang Ilmu Komputer, Ilmu Informasi dan Teknik Komputer.

“Rencananya setiap topik akan didiskusikan oleh tiga pembicara, yakni Prof  Stephane Bressan (Universitas Nasional Singapura, Singapura), Prof  Christophoros Nikou (Universitas Loannina, Yunani) dan Prof. Achmad Benny Mutiara (Universitas Gunadarma, Indonesia),” papar Program Co-Chair ICIC 2017 Prof Teddy Mantoro.

Selain itu, lanjut Teddy, konferensi internasional ini juga mengundang para peneliti dari perguruan tinggi untuk mendiskusikan dan memublikasikan hasil penelitiannya pada forum ini. “Hasil penelitian tersebut akan dimasukkan dalam IEEE Xplore dan Scopus,” ujar Teddy.

Lebih lanjut Teddy menjelaskan,pada penyelenggaraan ICIC 2016 tahun lalu, sebanyak 86 paper telah masuk IEEE Explore dan diindeks oleh Scopus. Jumlah tersebut, dari 191 paper yang diterima oleh panitia dengan 95 reviewer (mitra bestari). “Jadi, tingkat penerimaan sekitar 45 persen ini menunjukkan bahwa konferensi ini  bermutu tinggi,” tuturnya.

ICIC 2016  menerima paper dari 15 negara, yakni Australia, Bangladesh, Bosnia Herzegovina, Canada, Prancis, Indonesia, Malaysia, Morocco, Oman, China, Qatar, Thailand, United Arab Emirates (UAE), United Kingdom dan USA.

Teddy mengemukakan, bagi praktisi, pemangku kebijakan maupun civitas akademika dari multidisiplin baik berasal dari Indonesia maupun luar negeri, dapat mengikuti konferensi internasional ini dari 1 sampai dengan  2 Nopember 2017. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman http://icic-aptikom.org/

Teddy mengungkapkan, ICIC akan menjadi konferensi internasional yang akan diadakan rutin setiap tahun oleh APTIKOM beserta perguruan tinggi anggota APTIKOM, dengan mengundang para rektor atau dekan dari perguruan tinggi Informatika dan Komputer dari Indonesia maupun luar negeri yang sebelumnya telah bekerjasama dengan APTIKOM.