Selasa , 01 Agustus 2017, 15:29 WIB

AMIK BSI Sukabumi Sukses Gelar Live Coding Contest

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Juara AMIK BSI Live Coding & Live Accounting Contest 2017.
Juara AMIK BSI Live Coding & Live Accounting Contest 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-- Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HIMMI) & Himpunan Mahasiswa Jurusan Komputerisasi Akuntansi Akademi Manajemen dan Informatika Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Sukabumi menggelar kompetisi teknologi informasi (TI)  tingkat daerah se-Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Kompetisi yang dikemas dengan nama “AMIK BSI Sukabumi Live Coding & Accounting Contest” ini dilaksanakan pada 25 -26 Juli 2017 di kampus AMIK BSI Sukabumi, Jalan Cemerlang nomor 8, Sukakarya, Sukabumi.

Kompetisi yang mengusung tema ‘Membangun Generasi Muda Kreatif dan Berprestasi’ ini merupakan kompetisi yang pertama kali diselenggarakan oleh HIMMI dan HMJKA AMIK BSI Sukabumi.
 
“Sesuai dengan temanya, HIMMI dan HMJKA AMIK BSI Sukabumi mengundang puluhan siswa SMK se-kota dan kabupaten Sukabumi untuk unjuk kemampuan di  bidang komputer terutama pada pembuatan software atau aplikasi,” kata Ketua Pelaksana Ardiansyah.

Ardiansyah menambahkan, tujuan kegiatan kompetisi  tersebut  untuk menguji sejauh mana kemampuan peserta dalam menyelesaikan persoalan dalam bidang programming dan accounting, serta memotivasi peserta untuk lebih semangat dalam belajar.

“Selain itu, tujuan lomba ini juga sebagai ajang silaturahim bagi SMK se-kota dan kabupaten Sukabumi dengan AMIK BSI Sukabumi,” tutur Ardiansyah.

Ardiansyah menjelaskan, kompetisi ini terbagi menjadi dua kategori, yakni Live Coding dan Live Accounting yang dilaksanakan selama dua hari.

Hari pertama, pada kategori Live Coding peserta berkompetisi membuat software atau aplikasi secara langsung dengan waktu yang ditentukan. Sedangkan pada kategori Live Accounting, peserta diberikan pembekalan melalui workshop MyOB yang bermanfaat pada kompetisi yang dilaksanakan pada hari kedua.

“Pada hari kedua, peserta Live Coding mempresentasikan software atau aplikasi yang telah dibuat pada hari pertama. Sedangkan, pada kategori Live Accounting peserta mengikuti kompetisi MyOB,” kata Ardiansyah.

Setelah mengikuti beberapa tahap kompetisi, lanjut Ardiansyah, Rajib Bagja Cahyana dari SMK Komputer Abdi Bangsa berhasil menjadi juara umum pada Kategori Live Coding. Sedangkan pada Kategori Live Accountin diraih oleh M. Firgie Firdaus dari SMK Pasim Plus.

“Kedua juara tersebut mendapatkan piala bergirilir dari Walikota Sukabumi, sertifikat, uang pembinaan serta beasiswa pendidikan untuk melajutkan kuliahnya di AMIK BSI Sukabumi,” tutur Ardiansyah.