Rabu , 23 August 2017, 12:52 WIB

Gelar Seminar Motivasi, BSI Undang Sandiaga Uno

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Seminar motivasi (Semot) BSI tahun 2016.
Seminar motivasi (Semot) BSI tahun 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perguruan tinggi Bina Sarana Informatika (BSI) akan menggelar Seminar Motivasi (Semot) untuk mahasiswa baru tahun kuliah 2017/2018 pada Ahad, 17 September 2017.  “Semot tersebut diikuti seluruh mahasiswa baru Akademi BSI (program D3) maupun Universitas BSI (program S1),”  kata Direktur Bina Sarana Informatika (BSI) Naba Aji Notoseputro kepada Republika.co.id, Rabu (23/8).

Ia menambahkan, khusus mahasiswa baru  BSI dari 15 kampus di Jadebotabek, Semot tersebut akan dipusatkan di BSI Convention Center (BCC) Bekasi, Jawa Barat. Pada acara Semot di BCC tersebut, BSI mengundang pengusaha sukses Sandiaga Uno untuk memberikan keynote speech. “Sandiaga Uno akan hadir untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para mahasiswa baru BSI untuk menjadi wirausahawan yang sukses,” ujar Naba.

Pada hari yang sama, kata Naba, juga akan digelar Semot di kampus-kampus BSI yang tersebar di berbagai kota, seperti Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Tegal , Jogjakarta dan Pontianak.

Semot diadakan pertama kali tahun 2005. Tahun ini merupakan Semot yang ke-12.  “Semot  bertujuan memperkenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru BSI. Selain itu, mendorong mahasiswa baru  agar saling mengenal antarmahasiswa dari jurusan atau program studi (prodi) yang berbeda,” kata Naba.

Tidak kalah pentingnya adalah menumbuhkan rasa bangga terhadap kampus BSI. “Dengan mengikuti Semot tersebut, mahasiswa BSI bisa merasakan bangga terhadap BSI. Ternyata teman saya banyak dan kampus saya banyak.  Sehingga, mereka memiliki militansi terhadap kampus BSI,” tuturnya.
 
Naba mengemukakan, Semot 2017 mengusung tema atau slogan “Aku BSI, Aku Indonesia”. “Slogan tersebut dimaksudkan untuk mendorong para mahasiswa BSI agar selalu berusaha keras mengejar prestasi. Sebagai mahasiswa BSI, saya harus punya kontribusi positif dan prestasi untuk kebanggaan bangsa Indonesia. Itu harus menjadi tekad para mahasiswa baru BSI,” paparnya.

Konfigurasi  Merah Putih
Untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, para mahasiswa baru peserta Semot di BCC akan mengenakan pakaian berwarna merah dan putih. “Sebanyak 8.000-10.000 mahasiswa itu akan membentuk konfigurasi  merah-putih saat melaksanakan apel bendera yang digelar di halaman parkir BCC,” ungkap Naba.

Hal tersebut, kata Naba, bertujuan sebagai  rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2017. “Konfigurasi tersebut juga dalam rangka menumbuhkan kebanggaan mereka sebagai bangsa,” tutur Naba Aji Notoseputro.