Selasa , 31 October 2017, 20:45 WIB

Mahasiswa AMIK BSI Pontianak Tanam 4.500 Pohon Mangrove

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Anggota HIMMI dan HIMKA AMIK BSI Pontianak menanam pohon mangrove di Menpawah.
Anggota HIMMI dan HIMKA AMIK BSI Pontianak menanam pohon mangrove di Menpawah.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIMANTAN BARAT -- Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HIMMI) dan Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi (HIMKA) AMIK BSI Pontianak mengikuti kegiatan penanaman 4.500 pohon mangrove untuk Mempawah, Ahad (29/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Mempawah Mangrove Conservation (MMC) dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini diikuti oleh 700 peserta dari 24 komunitas/fakultas/kampus dan Marinir Angkatan Laut Mempawah.

Penanaman yang berlokasi di Mangrove Park, Desa Pasir, Kabupaten Mempawah,  Kalimantan Barat ini berlangsung selama  tiga jam,  dari pukul 08.00 sampai dengan  11.00 WIB.

Pembina Organisasi Mahasiswa (Ormawa) AMIK BSI Pontianak, Yoki Firmansyah melepas keberangkatan sekitar 70 mahasiswa yang turut dalam kegiatan penanaman tersebut dengan didampingi Wildani, alumni AMIK BSI Pontianak.

“Saya senang bisa mendampingi adik-adik satu almamater untuk melakukan penanam pohon mangrove di Mempawah, mereka sangat bersemangat dalam kegiatan ini,” ujar Wildani.

Sementara Yoki mengatakan, tujuan kegiatan penanaman 4.500 pohon mangrove ini selain untuk mengurangi atau mencegah adanya banjir atau abrasi juga menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa AMIK BSI Pontianak.

“Kegiatan ini manfaatnya sangat besar bagi mahasiswa BSI. Mereka diajarkan cara menanam bibit mangrove yang baik serta dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan,” kata Yoki.

Pada kesempatan ini,  Ketua Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Pontianak, Agung Sasongko berharap, dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa AMIK BSI Pontianak dapat meningkatkan kemampuan kerja sama dan rasa solidaritas antarsesama, baik sesama mahasiswa AMIK BSI Pontianak maupun peserta dari instansi/kampus lainnya.

“Dalam momen memperingati Sumpah Pemuda ini, mahasiswa BSI sebagai generasi muda Indonesia, semoga senantiasa  berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti ini. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mahasiswa melaksanakan perannya sebagai pemuda Indonesia, serta lebih peduli terhadap lingkungan sekitar,” ungkap Agung yang juga pembina HIMMI.