Rabu , 01 November 2017, 20:31 WIB

AKPAR BSI Yogyakarta Gelar Table Manner di Hotel

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta mengikuti praktik
Mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta mengikuti praktik "table manner" di Gallery Prariwotaman Hotel Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Akademi Pariwisata Bina Sarana Informatika Yogyakarta (AKPAR BSI Yogyakarta) bekerja sama dengan Manajemen Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan table manner yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Perhotelan AKPAR BSI Yogyakarta. Kegiatan tersebut diadakan di Ballroom Gallery Prawirotaman Hotel, Yogyakarta, Rabu (1/11).

Sebelum sesi table manner, para peserta diajak berkeliling Hotel Gallery Prawirotaman Yogyakarta untuk melihat fasilitas dan jenis-jenis kamar yang tersedia. Selain itu, peserta juga diperkenalkan tentang sejarah maupun profil hotel yang disampaikan oleh General Manajer Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta, Erwin Erryawan.

Selanjutnya, peserta dibekali pengetahuan mengenai making bed oleh supervisor housekeeping Gallery Prawirotaman Hotel. Tidak hanya itu, peserta juga disuguhkan dengan juggling serta meracik minuman.

Pada sesi inti kegiatan table manner, peserta disuguhkan hidangan table manner terdiri dari appetizer, soup, main course dan dessert. Selama praktik table manner berlangsung, peserta juga menyaksikan live cooking oleh chef dari pihak hotel.

Dosen Pendamping Prodi Perhotelan AKPAR BSI Yogyakarta, Tri Wahyuni menjelaskan, aturan yang harus dilakukan saat bersantap di meja makan perlu diberikan, terutama pada mahasiswa Perhotelan yang akan mempraktikannya langsung ketika mereka bekerja di bidang Perhotelan.

Menurutnya, mengerti tentang etika di meja makan dapat mempermudah seseorang dalam pergaulan maupun berkomunikasi. Sebab,  tata cara makan menunjukkan siapakah diri seseorang sebenarnya.

Table manner atau etika makan ini adalah gambaran beretika yang baik dalam menghadiri jamuan makan. Sehingga,  ketika ada jamuan makan penting, mahasiswa telah mengerti etika di meja makan,” ungkap Tri.