Rabu , 01 November 2017, 20:47 WIB

BSI Gaet Bank Syariah Mandiri Kerja Sama Host to Host

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Jajaran pimpinan BSI bersama dengan jajaran pimpinan BSM.
Jajaran pimpinan BSI bersama dengan jajaran pimpinan BSM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perguruan tinggi Bina Sarana Informatika (BSI) tampaknya tidak berhenti melakukan upaya-upaya perbaikan pelayanan kepada mahasiswa. Kali ini, BSI menggandeng Bank Syariah Mandiri untuk menjalin kerja sama dalam menerapkan cash management system pada pengelolaan keuangan institusi. Salah satunya pembayaran mahasiswa secara online dan real time menggunakan metode host to host.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Ketua Yayasan BSI Herman P Harsoyo dengan Region Head Office 3 Bank Syariah Mandiri, Edhie Rosman bertempat di Kantor Pusat BSI, Jalan Dewi Sartika nomor  77, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (01/11).

Penandatanganan disaksikan oleh Direktur BSI Naba Aji Notoseputro beserta pengurus Yayasan BSI lainnya, yakni Efriadi Salim, Surachman, didampingi jajaran pimpinan BSI lainnya. Selain itu, disaksikan pula oleh Manager area Bogor Bank Syariah Mandiri, Iman Himawan. Lalu Region Retail Banking Manager Bank Syariah Mandiri, Latif Komarudin, dan Branch Manager area Depok Bank Syariah Mandiri, Ari Suharso.

Menurut  Region Head Office 3 Bank Syariah Mandiri Edhie Rosman, melalui kerjasama ini, BSI dapat memanfaatkan sistem CMS (cash management system) yang saat ini dimiliki oleh Bank Syariah Mandiri pada sistem keuangan BSI.

“Seperti pengecekan status pembayaran mahasiswa dapat dilakukan secara real time oleh pihak BSI langsung dari sistemnya,  tidak perlu menunggu laporan dari pihak Bank Syariah Mandiri. Selain itu, BSI juga dapat mengelola keuangan sendiri dari rekening yang terdaftar di Bank Syariah Mandiri,” ujar Edhie.

Menurutnya, penerapan sistem CMS ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa, khususnya dalam pelayanan pembayaran. Dengan sistem host to host, mahasiswa dapat melakukan pembayaran melalui ATM  maupun internet banking Bank Syariah Mandiri, tanpa harus memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri.

“Selain itu, penyedia fasilitas ini juga merupakan bentuk sinergi BSI dengan Bank Syariah Mandiri untuk mendorong kerja sama di bidang lainnya, selain pada sistem keuangan,” tutur Edhi.

Direktur BSI Naba Aji menyambut antusias terlaksananya kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini merupakan perjalanan panjang kerja sama antara BSI dengan Bank Syariah Mandiri yang telah terjalin selama 12 tahun terakhir sejak tahun 2005.

“Kerja sama ini adalah perjalanan panjang BSI dengan Bank Syariah Mandiri. Kali ini update teknologi maupun pelayanan yang diberikan Bank Syariah Mandiri kepada BSI untuk lebih mudah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa,” ujar Naba Aji Notoseputro.