Kamis , 02 November 2017, 12:15 WIB

Mahasiswa AMIK BSI Pontianak Ikuti Gapura Digital Google

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Mahasiswa AMIK BSI Pontianak bersama peserta lainnya di kegiatan Gapura Digital Google.
Mahasiswa AMIK BSI Pontianak bersama peserta lainnya di kegiatan Gapura Digital Google.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Lima orang perwakilan dari AMIK BSI Pontianak, terdiri dari empat mahasiswa dan satu dosen pendamping,  mengikuti Pelatihan Gapura Digital yang diselenggarakan oleh Google, Sabtu (28/10).

Kegiatan dilaksanakan di Cafe The Tapaz Pontianak, Jalan Letjend Suprapto, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan Kalimantan Barat. Pelatihan tersebut mengusung tema Mengenalkan Dunia Digital dan Pemanfaatan Google dalam Bisnis Dunia Digital.

Keempat mahasiswa yang terlibat  -- yakni Ali, Yolantika, Fitria, dan Ravi -- merupakan blogger dan entrepreneur muda. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan dari Google ini.
 
Dosen pendamping, Yoki Firmansyah menjelaskan Gapura Digital merupakan program yang mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga Search Engine Opimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

“Nantinya mahasiswa yang ikut pelatihan dapat memilih topik yang diinginkan atau dengan mengikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google,” kata Yoki.

Salah satu peserta, Ali,  mengaku ingin mengikuti semua kelas Siap Digital di Gapura Digital dan mendapatkan sertifikat. “Ttidak hanya mendapatkan ilmu dan sertifikat, kita juga dapat memperluas jaringan usaha dengan bertemu para pelaku usaha UKM lainnya untuk berbagi pengalaman atau bahkan bekerja sama di usaha baru,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pelatihan tersebut dibagi menjadi tiga kelas, yakni Siap Digital, Handal Digital dan Kelas Berbagi. “Untuk tahap awal,  kami megikuti kelas Siap Digital terlebih dahulu,” ujar Ali.

Dengan adanya kegiatan ini Yoki selaku dosen pembimbing berharap anak didiknya dapat menjalankan usaha dengan memanfaatkan kemampuan internet semaksimal mungkin. Ia juga berharap,  usaha mereka  dapat berkembang pesat dari segi omzet dan lainnya.