Rabu , 15 November 2017, 12:15 WIB

Dua Pogram Studi AMIK BSI Karawang Dapat Akreditasi B

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Kampus BSI Karawang di Cikampek (foto atas) dan Kampus BSI Karawang di Karawang (foto bawah).
Kampus BSI Karawang di Cikampek (foto atas) dan Kampus BSI Karawang di Karawang (foto bawah).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) Karawang meraih akreditasi B untuk  kedua program studinya -- yakni Program Studi Manajemen Informatika (Prodi MI) dan  Program Studi Komputerisasi Akuntansi (Prodi KA) -- dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ketetapan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN-PT bernomor 2812/SK/BAN-PT/Akreditasi/Dipl-III/VIII/2017 untuk Prodi MI dan nomor 3371/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2017 untuk Prodi KA.

Pimpinan AMIK BSI Karawang Ahmad Setiadi MKom mengatakan, proses akreditasi pada awal pada bulan Maret 2017 ketika AMIK BSI Karawang mengajukan proses re-akreditasi. Kemudian pada Juni 2017, dilakukan visitasi untuk Prodi MI oleh dua asesor dari BAN-PT, yakni Drs Eddy Edwin SKom, MKom dan  Ir Mohammad Guntara MT. Lalu dilanjutkan vistasi Prodi KA oleh dua asesor dari BAN-PT yaitu Asrori M, SE, MSi dan  Dra  Ani Sri Murwani K. K, MM., Ak. CA pada bulan Agustus 2017.
 
Ahmad menambahkan, hasil dari proses re-akrediasi ini mengalami peningkatan. Sebelumnya AMIK BSI Karawang menyandang akreditasi C dan saat ini berubah menjadi akreditasi B. “Peningkatan akreditasi dari nilai C menjadi nilai B ini merupakan pretasi yang baik bagi AMIK BSI Karawang. Tentunya hasil ini merupakan kerja keras dari seluruh civitas AMIK BSI Karawang,” kata Ahmad.

Menurutnya, AMIK BSI Karawang telah banyak melakukan perbaikan di seluruh bidang sehingga mencapai nilai yang baik. Beberapa perbaikan di antaranya dari sisi kurikulum, sarana prasarana, penelitian dan pengabdian masyarakat dosen maupun mahasiswa, serta kegiatan yang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa dan karir lulusannya.

Lebih lanjut, Ahmad, menjelaskan penilaian akreditasi ini mempertimbangkan tujuh indikator, seperti visi misi, tata kepemimpinan, sistem penjamin mutu, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, dan kurikulum pembelajaran dan akademik. Selain itu, sarana prasarana dan informasi, penelitian dan pengabdian masyarakat serta kerja sama.

“Diharapkan hasil ini menjadi motivasi bagi kampus maupun dosen AMIK BSI Karawang untuk selalu melakukan perbaikan dan mendukung penuh kemajuan AMIK BSI Karawang. Sehingga,  dapat menghasilkan lulusan yang menjadi sumber daya manusia unggul yang dicari perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional,” kata Ahmad Setiadi.

Saat ini AMIK BSI Karawang memiliki dua gedung yang berlainan lokasi.   Pertama,  berlokasi di Jalan  Banten nomor 1, Karangpawitan, Karawang. Gedung kedua berlokasi di Jalan Ir Juanda nomor 17, Cikampek.