Rabu , 15 November 2017, 18:42 WIB

Mahasiwa Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta Kunjungi BATAN

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Mahasiswa Prodi Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta melihat fasilitas yang dimiliki oleh BATAN.
Mahasiswa Prodi Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta melihat fasilitas yang dimiliki oleh BATAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi Teknik Komputer (Prodi TK) AMIK BSI Jakarta yang telah terakreditasi B ini kembali melakukan kunjungan studi. Kali ini  ke pusat teknologi dan keselamatan Reaktor Nuklir BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) yang berlokasi di kawasan PUSPIPTEK Serpong Gedung 43, Setu, Tangerang Selatan, Banten,  Senin (13/11).

“Kunjungan industri ini diikuti 100 mahasiswa semester tiga Prodi Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman mengenai sistem teknologi dan informasi yang digunakan badan tersebut dalam melaksanakan kegiataannya,” kata Mugi Raharjo, dosen pendamping kunjungan.
 
Mugi yang didampingi Eka Pratama,  yang juga dosen pendamping kunjungan,  menambahkan, pelaksanaan kunjungan industri ini dilaksanakan rutin setiap semester. Kunjungan industri ini diharapkan dapat mendukung implementasi dan perbaikan  kurikulum.  Hal itu  mengingat perkembangan dan kebutuhan industri saat ini yang sedang berkembang.

“Pada kesempatan ini juga mahasiswa dapat belajar mengenai jaringan komputer dan sistem informasi yang digunakan di BATAN yang disampaikan oleh tutor dari BATAN antara lain, Bustomi, Dwi serta Deni,” kata Mugi.

Lebih lanjut Mugi menjelaskan, jaringan komputer dan sistem informasi ini berfungsi sebagai penunjang keberlangsungan operasional di BATAN. Selain itu, mahasiswa juga lebih paham dan mengenal mengenai tugas dan fungsi BATAN. Mungkin, tidak semua masyarakat memahaminya.

"Kunjungan kali ini, sudah kedua kalinya yang dilakukan oleh AMIK BSI Jakarta. Diharapkan dengan kunjungan kali ini, mahasiswa yang mengikutinya dapat memahami implementasi dari jaringan komputer dan komputerisasi selain pada perusahaan ISP ataupun perusahaan yang memang bergelut di bidang jaringan saja," tutur Mugi.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa juga diajak berkeliling ke beberapa gedung dan fasilitas yang dimiliki oleh BATAN, di antaranya gedung simulator nuklir, lab mekanik, lab komputerisasi serta gedung server BATAN.

Berita Terkait