Jumat , 01 Desember 2017, 17:01 WIB

STMIK Nusa Mandiri Gagas Pembentukan FIIKRI

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Suasana peluncuran Forum Ilmuwan Informatika dan Komputer Indonesia (FIIKRI).
Suasana peluncuran Forum Ilmuwan Informatika dan Komputer Indonesia (FIIKRI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersamaan dengan hari perayaan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November 2017, STMIK Nusa Mandiri Jakarta menggagas pembentukan Forum Ilmuwan Informatika dan Komputer Indonesia (FIIKRI), bertempat di aula Kampus BSI Kalimalang, Jakarta Timur, Rabu (29/11).

Kegiatan ini bersamaan dengan terselenggaranya seminar teknologi informasi yang bertemakan “Radikalisme di Media Sosial”. Seminar itu menampilkan nara sumber  Prof  Dr  Ir   Marsudi Wahyu Kisworo (pakar komunimasi dan informasi) dan  Dr Aat Surya Safaat (wartawan senior Antara).
 
Ketua STMIK Nusa Mandiri Dr  Mochamad Wahyudi MM, MKom, MPd, Rabu (29/11) mengatakan,  pembentukan FIIKRI dimaksudkan untuk memberikan wadah diskusi bagi para ilmuwan Indonesia di bidang informatika dan komputer.

“FIIKRI ini sebagai wadah bagi para ilmuwan di  bidang informatika dan komputer yang kedudukannya dapat seimbang dengan organisasi lainnya. Bahkan ke depannya FIIKRI dapat bekerja sama dengan dunia industri. Rencana jangka panjangnya dapat membentuk lembaga sertifikasi profesi serta lembaga akreditasi mandiri di bawah naungan FIIKRI,” kata Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, ke depannya FIIKRI  diharapkan  memiliki kedudukan yang penting bagi pemerintahan. Misalnya, ilmuwan yang tergabung pada FIIKRI ini dapat memberikan saran kepada pemerintah, dunia industri maupun perguruan tinggi terhadap isu-isu teknologi informasi yang sedang hangat dibicarakan.

“Semoga ke depannya kedudukan FIIKRI ini dapat berkembang dan eksis serta dapat bersanding dengan organisasi lainnya yang telah ada. Sehingga, FIIKRI dapat memberikan sumbangsihnya kepada negeri,” kata Wahyudi.

Pada kesempatan yang sama diluncurkan logo FIIKRI oleh Ketua FIIKRI Anton Mkom. Ia didampingi Penanggung Jawab FIIKRI sekaligus sebagai Ketua STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Dr  Mochamad Wahyudi MM, MKom, MPd.

Pada  kesempatan tersebut juga dibacakan deklarasi FIIKRI oleh Ketua STMIK Nusa Mandiri Mochamad Wahyudi, pakar komunikasi dan informasi Marsudi Wahyu Kisworo,  Ketua FIIKRI, Anton, dan  serta jajaran pimpinan Perguruan Tinggi lainnya yang bergabung dalam  FIIKRI.