Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Mahasiswa AMIK BSI Purwokerto Dibekali Seminar Karier

Senin 18 December 2017 10:42 WIB

Red: Irwan Kelana

AMIK BSI Purwokerto menyelenggarakan seminar karir bagi calon lulusannya.

AMIK BSI Purwokerto menyelenggarakan seminar karir bagi calon lulusannya.

Foto: Dok BSI

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- AMIK BSI Purwokerto sukses menggelar seminar karir bagi mahasiswa tingkat akhir sebelum terjun kedunia kerja. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula AMIK BSI Purwokerto, Jalan Dr Bunyamin nomor  106, Pabuaran, Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (14/12).

Seminar yang bertemakan ‘Mempersiapkan Kompetensi Dalam Memenangkan Persaingan di Dunia Kerja’ ini diikuti 245 mahasiswa tingkat akhir AMIK BSI Purwokerto.

Seminar kali ini kampus yang memiliki kedua Program Studinya telah terakreditasi B (Manajemen Informatika dan Teknik Informatika) ini bekerja sama dengan PT  Karya Putra Surya Gemilang (KPSG) serta mengundang  Project Manager PT  KPSG, Febry Arianto, sebagai nara sumber.

Dalam materinya, Febry Arianto mengungkapkan bahwa terdapat tiga hal yang harus dilakukan oleh para pencari kerja sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan. “Tiga hal yang perlu dilakukan sebelum melamar pekerajaan, di antaranya identifikasi, persiapan,” kata Febry.

Lebih lanjut, Febry menjelaskan, maksudnya identifikasi yakni sebelum mengirimkan surat lamarannya, harus mengetahui dan memahami perusahaan yang dituju. Informasi dasar yang diketahui, seperti sejarah perusahaan, bidang usahanya, hingga perkembangan perusahaan.

“Selanjutnya, pencari kerja harus melakukan persiapan, yakni persiapan kemampuan hardskill, softskill, maupun penampilan,” tambah Febry.

Terakhir, lanjutnya, pencari kerja harus melakukan perencanaan yang baik untuk segala sesuatunya yang diperlukan saat proses melamar pekerjaan, dimulai dari mengirimkan surat lamaran pekerjaan, tes psikotes hingga wawancara.

“Buatlah surat lamaran  yang menarik atau unik yang dapat menggambarkan kemampuan diri berbeda dengan orang lain. Selanjutnya, belajar untuk menghadapi tes tertulis dan tes psikotes. Dan yang paling penting adalah, penampilan dan kemampuan berkomunikasi saat melakukan wawancara,” kata Febry.

Febry menambahkan, selain ketiga persiapan tersebut, bahwa setiap perusahaan memiliki kualifikasi yang berbeda dalam menyeleksi calon karyawannya.

“Selain pendidikan terakhir minimal Diploma Tiga (D3), standar utama perusahaan mencari calon karyawannya yakni yang memiliki hard skill dan soft skill yang baik. Tentunya, lulusan AMIK BSI Purwokerto telah memenuhi standar tersebut dan berpeluang untuk cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah,” tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES