Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Tingkatkan Kinerja Dosen, AMIK BSI Pontianak Gelar Workshop

Selasa 30 January 2018 00:52 WIB

Red: Irwan Kelana

Nara sumber mengajarkan personal development untuk meningkatkan skill para dosen AMIK BSI Pontianak.

Nara sumber mengajarkan personal development untuk meningkatkan skill para dosen AMIK BSI Pontianak.

Foto: Dok BSI
Seorang dosen harus meningkatkan soft skill dan personal quality.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dalam upaya peningkatan kinerja dosen, AMIK BSI Pontianak menyelenggarakan Workshop Personal Development dan Beban Kinerja Dosen (BKD), Penegasan Tugas dan Fungsi Dosen. Kegiatan tersebut diadakan  di kampus AMIK BSI Pontianak, Jalan  Abdurahman Saleh nomor 18, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (22/1).

 

Workshop yang diikuti 34 dosen AMIK BSI Pontianak ini menampilkan  trainer dan pembicara utama, yakni Ahmad Setiadi, Aan Rahman, I Ketut Martana serta Dahlia Sarkawi.  Masing-masing narasumber memberikan materi mengenai Personal Development serta Tugas dan Fungsi Dosen.

 

“Seorang dosen yang kita kenal sebagai tenaga kerja profesional harus meningkatkan soft skill dan personal quality. Hal itu  penting. Manfaatnya tidak hanya untuk dosen itu sendiri, tapi  juga memberikan dampak positif kepada perguruan tinggi yang dinaungi,” tutur Ahmad Setiadi.

Sementara, menurut I Ketut, seorang dosen harus berani melakukan perubahan dan mengembangkan potensi diri jika tidak ingin tergantikan oleh  dosen-dosen asing dari negara lain.

“Mengingat sekarang kita berada di era globalisasi, dosen AMIK BSI Pontianak harus tetap survive dan fight. Caranya adalah harus fokus pada peluang dan kekuatan, memiliki keyakinan bahwa segala sesuatunya selalu ada waktunya dan kesempatan, mengembangkan sikap aktif dan positif, serta belajar dari pengalaman,” jelasnya.

Pada kesempatan ini para dosen juga mendapatkan bekal mengenai kedudukan tugas dan fungsi sebagai dosen. Penjelasan lebih kepada mengingatkan bahwa kedudukan seorang dosen sebagai agen pembelajaran, pengembang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

“Workshop BKD ini juga bertujuan untuk mempersiapkan dosen-dosen yang baru lulus ataupun dosen-dosen yang telah tersertifikasi sebelumnya untuk dapat mengisi form BKD versi terbaru dengan baik,” tutur Dahlia salah satu narasumber.

Pimpinan AMIK BSI Pontianak, Dedi Saputra mengatakan,  pelatihan Personal Development (PD) ini bertujuan untuk membantu dosen AMIK BSI Pontianak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga, mereka dapat mengembangkan karirnya sebagai seorang dosen.

“Harapan kami,  setelah mengikuti kegiatan ini dosen AMIK BSI Pontianak dapat lebih bersemangat dan termotivasi lagi untuk meningkatkan potensi diri dan dapat menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dengan baik sehingga membawa dampak positif juga bagi AMIK BSI Pontianak,” kata Dedi.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES