Ahad , 15 March 2015, 08:01 WIB

Kabupaten Boyolali Buka Seleksi Magang Kerja ke Jepang

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Indah Wulandari
Republika/Didi Purwadi
Anggota 'Sakai Silver Center' bekerja membersihkan Taman Daisen, Sakai, Jepang, Jumat (10/10).
Anggota 'Sakai Silver Center' bekerja membersihkan Taman Daisen, Sakai, Jepang, Jumat (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Boyolali, Jateng, dipercaya melakukan seleksi calon peserta program magang ke Jepang se-wilayah Soloraya.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Boyolali Purwanto, Sabtu (14/3) mengatakan, penunjukan ini berdasarkan surat dari Direktur Bina Pemagangan Ditjen Bina Lantas Kementerian Ketenagakerjaan, Nomor : B.199/LATTAS-MAG/I/2015. Peserta magang ke Jepang ini merupakan program lanjutan tahun sebelumnya.

Dijelaskan, pendaftaran peserta program pemagangan ke Jepang dimulai 2 Maret 2015 lalu, hingga 29 Mei 2015 melalui kantor Dinsosnakertrans. ''Pendaftaran dan seleksi di Dinsosnakertrans, silahkan bagi yang berminat untuk mendaftar,'' jelas Purwanto.

Untuk persyaratan, diwajibkan laki-laki, pendidikan minimal SMA, SMK, MA, tinggi badan minimal 160 cm, berat badan minimal 50 kg. Sementara, untuk seleksi akan dilaksanakan 8-12 Juni 2015.

Materi seleksi meliputi kesamaptaan tubuh, tes matematika, tes ketahanan fisik (lari, push up, sit up) dan wawancara.

Tujuan dari program magang kerja ke Negeri Matahari Terbit itu, untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Dengan program ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di Soloraya dan DIY.