Ahad , 23 Oktober 2016, 12:46 WIB

TNI Kontak Senjata dengan Separatis Papua

Red: Teguh Firmansyah
Republika/ Prayogi
Prajurit TNI di Papua berjaga (ilustrasi).
Prajurit TNI di Papua berjaga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Prajurit TNI kontak senjata dengan kelompok krimimal bersenjata (KKB) di Philia, Distrik Gurage, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, Sabtu (22/10) sekitar pukul 15.00 WIT.

Dalam insiden tersebut, seorang prajurit TNI yakni Pratu Yani terkena tembakan di bagian tangan kanan dan kaki kirinya. Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi Antara dari Jayapura, Ahad.

"Memang benar satu anggota TNI tertembak saat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata," kata Pangdam Siburian. Ia mengatakan, kontak tembak terjadi saat anggota TNI melakukan patroli pengamanan jalan di sekitar Philia, Gurage.

Saat patroli itu terdengar bunyi tembakan dari ketinggian hingga anggota berupaya mengejar dan mendekati kawasan tersebut. "Satu anggota TNI yakni Pratu Yani terkena tembakan di bagian tangan kanan dan kaki kirinya," jelas Mayjen Siburian.

Baca juga,  Warga Bersama TNI-Kapolri Kibarkan Bendera Raksasa di Pegunungan Bintang Papua.

Kini, sedang diupayakan evakuasi korban yang masih dirawat di RS Mulia ke Kota Jayapura. Kawasan Gurage merupakan salah satu wilayah yang dilewati angkutan pengangkut bahan makanan dari Wamena.

Sumber : Antara