Senin , 26 December 2016, 06:24 WIB

Kebun Binatang Garut Jadi Pilihan Saat Liburan

Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Raisan Al Farisi
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Objek wisata Kebun Binatang Cikembulan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi stempat unggulan wisatawan dari berbagai daerah untuk mengisi libur Natal dan sekolah.

"Pengunjung Taman Satwa Cikembulan sudah meningkat sejak Sabtu kemarin, diperkirakan akan terus meningkat selama libur sekolah," kata Pengelola Taman Satwa Cikembulan, Lili Satria, kepada wartawan di Garut, Ahad (25/12).

Ia menuturkan, Taman Satwa Cikembulan menjadi daya tarik wisatawan saat musim libur akhir pekan maupun libur panjang sekolah. Seperti libur Natal, kata dia, kunjungan wisatawan sudah meningkat sampai 80 persen atau lima ribuan pengunjung per hari dibandingkan hari biasa.

"Diperkirakan jumlah wisatawan akan mengalami kenaikan mulai hari Senin (26/12) dan puncaknya pada hari Jumat (30/12) hingga Minggu (libur tahun baru)," katanya.

Terkait kerusakan Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi berpengaruh pada kunjungan wisatawan, menurut dia, sementara tidak berdampak.

Pengunjung Cikembulan, kata dia, terpantau masih banyak yang datang dari daerah Jakarta dan sekitarnya. "Wisatawan dari daerah Jakarta dan sekitarnya masih banyak," katanya.

Jika jembatan tersebut tidak segera diperbaiki, Lili khawatir dalam jangka waktu berikutnya menurunkan tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Satwa Cikembulan maupun wisata lainnya di Garut.

Ia berharap, masalah kerusakan jembatan itu tidak berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan ke Garut, karena wisatawan dapat memanfaatkan jalan lain. "Mudah-mudahan tidak menurun (wisatawan), karena kan ada jalur lain yang bisa dilewati," katanya.

Sumber : Antara