Jumat , 21 April 2017, 00:31 WIB

Karyawan Pabrik Kertas Karawang Tewas Tergulung Mesin

Red: Ani Nursalikah
Foto : MgRol_92
Ilustrasi Mayat
Ilustrasi Mayat

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Seorang karyawan pabrik kertas PT Pindo Deli II Kabupaten Karawang, Jawa Barat meninggal dunia setelah terpeleset dan jatuh ke dalam mesin rewinder yang berada di pabrik tersebut.

"Memang benar ada peristiwa kecelakaan di pabrik Pindo Deli II Karawang dan kami masih melakukan pemeriksaan terkait kejadian itu," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Suroto, di Karawang, Kamis (20/4).

Karyawan pabrik kertas yang berlokasi di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang yang meninggal saat sedang bekerja bernama Rudiansyah (32 tahun). Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (19/4).

Ia mengatakan, saat ini Balai Pengawasan Kerja Provinsi Jabar masih melakukan penyelidikan terkait dengan peristiwa kecelakaan kerja di PT Pindo Deli II Karawang. Laporan dari hasil penyelidikan tim pengawas tersebut nantinya akan menjadi rujukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang untuk mengambil sikap.

"Kami belum mengetahui apakah kecelakaan kerja itu akibat kelalaian karyawan atau karena standar operasional prosedur tentang K3 di perusahaan itu yang tidak dipenuhi. Nanti akan diketahui setelah penyelidikan tim pengawas," katanya.

Rudiansyah yang menjadi korban kecelakaan kerja di PT Pindo Deli II Karawang itu merupakan warga Kampung Lio, Desa Sukakarya , Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang. Informasi yang berhasil dihimpun, korban diduga meninggal dunia saat bekerja akibat terpeleset hingga akhirnya terjatuh ke dalam mesin rewinder.

Ketika itu, korban sempat ditolong sejumlah karyawan lainnya dan dibawa ke Rumah Sakit Rosela, tapi nyawanya tidak bisa tertolong. Selain ditangani oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang. Peristiwa itu juga ditangani aparat kepolisian setempat.

Sumber : Antara