Senin , 19 Juni 2017, 17:36 WIB

DIY Siapkan Agenda Wisata Libur Lebaran

Red: Yudha Manggala P Putra
.
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan beragam atraksi atau kegiatan wisata yang secara khusus ditujukan untuk menyambut wisatawan selama masa libur Lebaran 2017.

"Kami sudah menyediakan beragam agenda wisata berkoordinasi dengan kabupaten/kota tinggal dipilih mana yang disukai," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (19/6).

Aris mengatakan beragam atraksi wisata di Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta akan dimulai pada 25 Juni hingga 2 Juni 2017. Aris berharap dengan agenda wisata tersebut dapat semakin meningkatkan daya tarik kunjungan ke Kota Gudeg itu.

Agenda kegiatan wisata yang telah disiapkan bersama Dinas Pariwisata di lima kabupaten/kota, menurut dia, sebagian besar akan berlokasi di sejumlah objek wisata dan desa wisata di darah setempat.

Ia menyebutkan untuk agenda wisata di Kabupaten Sleman di antaranya seni religius, jathilan, orkes melayu, serta campur sari yang akan berlangsung di Panggung Kaliurang mulai 26 hingga 2 Juli 2017. Di Bantul, lanjut Aris, akan diselenggarakan sejumlah pentas seni di Pantai Biru, Pantai Goa Cemara, dan Goa Selarong mulai 27 Juni hingga 2 Juli 2017.

Selanjutnya di Gunung Kidul akan diselenggarakan beragam pentas seni seperti campur sari dan jathilan di Pantai Sundak, Pantai Watulumbung, Pantai Ngobaran, serta Kali Suci, mulai 26 Juni hingga 2 Juli 2017. Sedangkan di Kulon Progo akan diselenggarakan pentas seni tradisional di Pantai Glagah pada 27 Juni 2017.

Ia berharap dengan dihadirkannya beragam kegiatan wisata tersebut mampu meningkatkan kunjungan wisata di DIY dengan target peningkatan 10-15 persen dibanding Lebaran 2016 dengan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara mencapai total 2,6 juta pengunjung. "Kami asumsikan pada Lebaran 2017 bisa meningkat 10-15 persen," kata dia.

Sumber : Antara