Senin , 19 June 2017, 23:59 WIB

Konsul Amerika Kagumi Keberagaman Indonesia

Red: Ratna Puspita
Republika/Yasin Habibi
Ilustrasi keberagaman dan persatuan.
Ilustrasi keberagaman dan persatuan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya Heather C Variava mengagumi keberagamaan di Indonesia yang dinilai masih kokoh hingga saat ini.

"Keberagamaan di Indonesia luar biasa. Minggu lalu ada buka puasa bersama di sini, ada tamu dari berbagai latar belakang agama seperti Kristen, Islam, Hindu dan lainnya," kata Variava menjelang buka bersama di rumah dinasnya Jalan Untung Suropati No 56 Surabaya, Senin (19/6).

Ia mengaku bangga karena Amerika dan Indonesia mempunyai kesamaan nilai dalam hal keberagamaan, pluralisme, dan toleransi. Apalagi, dalam bulan Ramadhan ini, semua pihak bisa menjaga toleransi.

Saat ditanya mengenai nilai-nilai keberagamaan pasca-Pilkada Jakarta, Variava mengatakan dia tidak terlalu banyak mengetahui persoalan politik yang ada di Jakarta. "Ada bermacam-macam pikiran, tetapi ada demokrasi yang luar biasa di Indonesia. Banyak orang berbeda pendapat mengenai hal itu," kata dia.

Sebagai pendatang dari Amerika Serikat, Variava terkesan dengan demokrasi di Indonesia yang dinilai cukup kuat dan menarik karena ada banyak orang berpartisipasi.

"Tradisi demokrasi di Indonesia menarik, bagi saya yang datang dari Amerika serikat. Ada nilai yang sama antara demokrasi yang ada di Indonesia dan Amerika," ujar Variava.

Untuk itu, Variava berharap hubungan baik antara Indonesia dan Amerika Serikat tetap terjaga dan kerja sama dua belah pihak lebih ditingkatkan untuk kepentingan bersama.







Sumber : Antara