Selasa , 20 June 2017, 03:49 WIB

Lampung Siapkan Tim Tagana Arus Mudik

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah .
ist
Personel Tagana berlatih kesiapsiagaan menghadapi bencana.
Personel Tagana berlatih kesiapsiagaan menghadapi bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Untuk mengatasi bencana alam di wilayah Provinsi Lampung pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1438 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyiapkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Seusai gelar apel tim Tagana di Pemprov Lampung, Staf Ahli Gubernur Lampung Harun Al Rasyid mengatakan, tim Tagana disiapkan untuk memperlancar arus mudik bila terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, angin puting beliung, dan kebakaran.

“Tim Tagana untuk mengatasi potensi bencana alam,” katanya, Senin (19/6).

Menurut dia, wilayah Lampung rawan bencana alam seperti tanah longsor, banjir bandang, angin puting beliung, dan kebakaran. Kehadiran tim Tagana untuk menangani korban bencana sangat diperlukan terutama pada arus mudik mendatang.

Tim Tagana akan bekerja dalam bidangnya masing-masing seperti bidang shelter, logistik, dapur umum, dan psikososial. Tim telah dibina dan dilatih semua bidang, sehingga penanganan bencana dapat terkendali dan terkoordinasi dengan cepat, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Tagana juga telah menjalani pelatihan antisipasi bencana di lingkungan msayarakat, sehingga masyarakat juga turut memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana, sehingga dapat meminimalisir korban bencana.



Berita Terkait