Senin , 31 July 2017, 23:29 WIB

Dinkes Solo Wajibkan Anak Ikuti Imunisasi Campak dan Rubella

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Fakhruddin
Republika/Musiron
Imunisasi polio dan campak pada balita (Ilustrasi)
Imunisasi polio dan campak pada balita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO ---  Sebanyak 145.930 anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di Solo akan mendapatkan imunisasi campak dan Measles Rubella (MR) secara gratis.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Solo, Efi Pratiwi mengatakan pihaknya akan mendatangi tiap rumah untuk memberikan vaksin  tersebut.

“Kami akan canangkan imunisasi campak dan rubella ini agar masyarakat terutama orang tua yang mempunyai anak usia tersebut mengikutinya, untuk kesehatan anaknya,” kata Efi di Balai Kota Solo pada Senin (31/7).

Efi menjelaskan masyarakat juga bisa mengantar anaknya ke Rumah Sakit, Puskesmas maupun Posyandu untuk mendapatkan layanan tersebut. Selain itu pemberian imunisasi campak dan MR gratis juga akan dilakukan pada tiap sekolah pada Agustus hingga September mendatang.

Menurutnya, imunisasi campak dan MR wajib diikuti oleh seluruh anak di Solo baik yang pernah mendapatkan vaksin serupa maupun yang belum. Dia mengatakan imunisasi tersebut sangat penting untuk mencegah tertularnya virus campak dan rubella yang bisa membuat anak menderita penyakit seperti demam, kulit memerah, radang paru-paru hingga radang otak. Sebab itu dia pun mengajak orang tua untuk bisa bekerjasama dalam mensukseskan program tersebut.

“Untuk kasusnya di Solo kami belum tahu, tetapi kami menargetkan 95 persen wajib mengikuti imunisasi ini,” katanya.