Sabtu , 12 August 2017, 21:29 WIB

Pesawat Presiden Datang, Wings Air Delay 2,5 Jam

Red: Teguh Firmansyah
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Wings Air
Wings Air

REPUBLIKA.CO.ID,  JEMBER -- Kedatangan pesawat kepresidenan di Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur, mempengaruhi jadwal penerbangan pesawat reguler Wings Air rute Surabaya-Jember, sehingga pesawat maskapai itu terlambat 2,5 jam dari jadwal semula.

"Bandara harus steril sekitar 45 menit sebelum dan sesudah pesawat kepresidenan mendarat di bandara perintis karena hal itu sesuai dengan prosedur kedatangan pesawat VVIP," kata Kepala Bandara Notohadinegoro Jember Edy Purnomo di Jember, Sabtu (12/8).

Sesuai dengan jadwal, pesawat Wings Air berangkat dari Bandara Juanda sekitar pukul 11.00 WIB dan mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 12.15 WIB, kemudian kembali ke Surabaya pada pukul 13.10 WIB. "Kami harus mematuhi prosedur tersebut, sehingga pihak maskapai juga sudah menyampaikan informasi kepada calon penumpang terkait dengan keterlambatan kedatangan atau keberangkatan di bandara," katanya.

Presiden Joko Widodo dan rombongan yang menggunakan pesawat kepresidenan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember, Sabtu sekitar pukul 13.20 WIB. Presiden hadir dengan mengenakan sarung dan kemeja putih yang didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

"Pesawat Wings Air dari Bandara Juanda Surabaya mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember sekitar pukul 14.20 WIB dan lepas landas menuju ke Surabaya sekitar pukul 14.45 WIB," katanya.

Sedangkan jadwal penerbangan maskapai Garuda Indonesia tidak terganggu akibat kedatangan pesawat kepresidenan karena pesawat Garuda berangkat dari Surabaya pada pukul 08.50 WIB dan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember pada pukul 09.45 WIB, serta kembali lagi ke Surabaya pada pukul 10.20 WIB. Edy mengatakan pesawat kepresidenan diparkir di Bandara Notohadinegoro Jember, sehingga pengamanan di bandara diperketat dan keberadaan pesawat tersebut tidak mengganggu penerbangan yang berada di Bandara Notohadinegoro Jember.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jember selama dua hari mulai Sabtu hingga Ahad (13/8) dengan berbagai kegiatan di antaranya mengunjungi sejumlah pondok pesantren, membagikan Kartu Indonesia Pintar, dan menyaksikan grand carnival Jember Fashion Carnaval. Presiden Joko Widodo bersama rombongan pada hari pertama di Jember akan melakukan kunjungan ke sejumlah pesantren di antaranya Pesantren Nurul Islam pimpinan KH Muhyiddin Abdussomad di Kecamatan Sumbersari, Ponpes Al Amien di Kecamatan AMbulu, Ponpes Assunniyah di Kecamatan Kencong dan Ponpes Al-Qodiri yang diasuh oleh KH Muzakki Syah di Kecamatan Patran.

Sumber : Antara