Ahad , 13 August 2017, 12:45 WIB

Jalur Kereta Api Padang-Bukittinggi Bakal Dihidupkan

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
Blog
Kereta api di Padang Pariaman.
Kereta api di Padang Pariaman.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah pusat mengungkapkan keinginannya menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi dengan moda transportasi kereta api. Nantinya, jalur yang terbangun akan melanjutkan jalur Padang-Padang Pariaman yang masih eksis saat ini.

Nantinya, jalur kereta api akan tersambung hingga Bukittinggi dengan menghubungkan Kayu Tanam di Padang Pariman dan Padang Panjang. Kemudian, jalur kereta api lama antara Padang Panjang-Bukittinggi akan dihidupkan kembali. Bahkan rencananya, jalur ini akan menerus hingga Payakumbuh, Sumatra Barat.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo menjelaskan, revitalisasi jalur kereta api Bukittinggi ini bertujuan untuk meningkatkan minat pariwisata di Sumatra Barat.

Apalagi, hanya terdapat tiga jalur kereta api bergerigi di Indonesia yakni di Ambarawa dan Wonosobo, Jawa Tengah dan satu lagi berada di Bukittinggi. "Selain itu, untuk memberi opsi kepada masyarakat untuk menuju Bukittinggi. Karena kalau macet, Padang-Bukittinggi bisa berjam-jam," ujar Gatot saat ditemui di sela-sela acara BUMN hadir untuk Negeri, Ahad (13/8).

Ia menyebutkan, Kementerian BUMN bakal melibatkan BUMN karya dan KAI untuk merencanakan revitalisasi jalur kereta Bukittinggi dan menyambungkannya dengan Padang Pariaman. Gatot mengaku belum bisa berandai-andai kapan proyek ini bisa mulai dikerjakan. Namun Menteri BUMN Rini Soemarno sempat menargetkan tahun 2018 mendatang perencanaannya bisa dimulai.

"Kami ada penugasan untuk BUMN karya dan PT KAI. Akan kami lihat lingkungan kanan kiri supaya bisa kompensasi dengan biayanya," katanya.

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memang sedang gencar membangun sektor pariwisatanya. Selain kawasan wisata Mandeh yang lagi kencang ditawarkan kepada investor, sejumlah destinasi eksisting seperti Bukittinggi juga semakin dipercantik. Pembangunan jalur kereta api Padang-Bukittinggi akan memberikan solusi atas kemacetan yang sekarang kerap terjadi di jalur darat.