Ahad , 13 Agustus 2017, 21:35 WIB

Perawatan PLTA Bikin Pelayanan Air di Bandung Terganggu

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Antara/Lucky.R
Petugas PDAM mengecek Instalasi Pengolahan Air. (ilustrasi)
Petugas PDAM mengecek Instalasi Pengolahan Air. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mengungkapkan pihaknya mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pelanggan di lima kecamatan. Sebabnya karena sumber air dari limpahan PLTA Cikalong yang berada di kawasan Pangalengan berkurang drastis.

Hal itu terjadi karena perusahaan pembangkit listrik tersebut tengah melakukan pemeliharaan dengan menampung air di tandon milik mereka sendiri. Selama PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung memanfaatkan limpahan air dari PLTA Cikalong.

"Kalau dalam kondisi normal, mereka biasanya membuang air yang kami pakai untuk air baku itu sehari antara lima hingga tujuh kali. Sekarang sekitar dua kali sehari," ujar Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriadi, Sabtu (12/8).

Menurutnya, air limpahan dari PLTA Cikalong melayani 22 ribu pelanggan di lima kecamatan yaitu Soreang, Banjaran, Cangkuang, Pameungpeuk dan Katapang. Ia menuturkan, pemeliharaan sejak Rabu (9/8) dini berdampak terganggunya pelayanan air bersih. Sehingga pelayanan terhenti sementara karena sumber air baku untuk diolah menjadi air bersih dari limpahan PLTA Cikalong menyusut drastis.

Ia berkata, selain ditampung lebih lama oleh PLTA Cikalong, sumber air mereka pun yang berasal dari Situ Cileunca, Pangalengan kondisi debit airnya saat ini telah menyusut drastis. Dadang mengatakan sementara ini pelayanan air bersih di Kecamatan Banjaran dan Pameungpeuk dialirkan dari tempat pengolahan air bersih PDAM di Cikoneng Ciparay.

Sehingga menurutnya, pelayanan pada dua kecamatan ini masih berjalan normal. Sedangkan untuk pelayanan di Kecamatan Soreang, Cangkuang dan Katapang sampai dengan hari ini belum normal kembali. Sehingga pihaknya memohob maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan.

Dadang mengatakan salah satu upaya untuk tetap memenuhi kebutuhan air bersih pihaknya memberikan pelayanan drop air bersih dengan mobil tangki. Pelayanan mobil tangki ini telah berjalan sejak Jumat kemarin hingga suplai air bersih dari Cikalong kembal normal.

"Untuk pelanggan yang membutuhkan pelayanan silahkan menghubungi kantor cabang PDAM Tirta Raharja Soreang. Petugas kami akan mengirim air bersih pakai tangki," ungkapnya.

Dadang menambahkan, saat ini pihaknya belum mengetahui sampai kapan pemeliharaan turbin yang dilakukan oleh PLTA Cikalong akan selesai. Katanya,  pemeliharaan turbin dengan mengumpulkan air sebanyak banyaknya oleh PLTA Cikalong tidak biasa terjadi pada awal musim kemarau.

Sebab menurutnya, pemeliharaan seperti sekarang dilakukan diakhir musim kemarau. "Kepala Cabang Soreang melakukan koordinasi dengan PLTA Cikalong. Namun memang belum saya terima informasi hasil koordinasi ini, semoga saja tidak berkepanjangan," katanya.