Ahad , 13 Agustus 2017, 21:34 WIB

Jokowi: Karnaval Jember tak Kalah dari Brasil

Red: Teguh Firmansyah
EPA/Mick Tsikas
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER --Presiden Joko Widodo mengatakan Kabupaten Jember sudah ditetapkan sebagai Kota Karnaval Dunia karena kesuksesan Jember Fashion Carnaval yang sudah diselenggarakan selama 16 tahun.

"Hari ini saya sangat bergembira sekali dan senang Jember Kota Karnaval Dunia, dan saya menyaksikan Jember Fashion Carnaval yang sudah berjalan 16 tahun," kata Joko Widodo dalam sambutannya membuka "grand carnival JFC" di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jatim, Minggu.

Menurutnya Jember Fashion Carnaval bukan hanya menjadi ikon Kota Jember, namun juga menjadi ikon yang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan tidak kalah menariknya dengan karnaval di negara-negara lain.

"Saya lihat karnaval JFC ini tidak kalah menariknya, tidak kalah kreatifnya, dan tidak kalah hebohnya dengan yang ada di Pasadena Amerika Serikat, Rio de Janero Brazil, dan karnaval di Berlin," tuturnya.

Ia mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam penyelenggaraan karnaval, sehingga ia berharap Menteri Pariwisata bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Presiden JFC Dynand Fariz untuk membuat kegiatan serupa tiga tahunan di Indonesia.

"Kalau di Jember JFC digelar setiap tahun, maka nantinya di tingkat nasional akan digelar tiga tahun sekali dalam rangka mempromosikan pariwisata di Indonesia," ujarnya.

Sementara Presiden JFC Dynand Fariz sangat bersyukur dan senang sekali dengan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan dalam grand carnival JFC.

"Tema besar dalam JFC ke-16 yakni 'Victory' yang berarti kemenangan JFC dalam mengukir prestasi di dunia internasional dan kemenangan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk parade dari 13 penghargaan yang didapatkan JFC dalam grand carnival ini," tuturnya.

Sumber : Antara