Rabu , 16 August 2017, 20:20 WIB

Tiga Bus Terlibat Tabrakan Belasan Penumpang Luka

Rep: Djoko Suceno/Rizky Suryarandika/ Red: Karta Raharja Ucu
Foto : MgRol_94
Ilustrasi Kecelakaan Bus
Ilustrasi Kecelakaan Bus

REPUBLIKA.CO.ID, Garut -- Tiga bus penumpang umum terlibat kecelakaan di Jalan Raya Kampung Cipeuyeum, Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Rabu (16/8) sekitat pukul 01.00 WIB. Akibat kecelakaan yang melibatkan Bus Budiman Nopol Z 7523 HP, Primajasa Nopol B 7136 FGA dan Bus Budiman Nopol Z 7805 HC sebanyak empat penumpang luka berat dan 13 lainnya luka ringan.

Tak hanya itu, kecelakaan ini juga membuat arus lalu lintas dari Bandung menuju Tasikmalaya dan sebaliknya macet total. Pasalnya, salah satu bus tersebut melintang di tengah jalan.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Drs Yusri Yunus, bus yang melintang di jalan baru bisa dievakuasi sekitar pukul 03.30 WIB. Selama proses evakuasi arus lalu lintas dibuat sistem buka tutup. "Salah satu bus yang terlibat tabrakan juga mrnghantam rumah warga yang ada di sekitar lokasi," ujar dia kepada para wartawan.

Kecelakaan berawal Bus Budiman Nopol Z 7523 HP dikemudikan Tendi datang dari arah Tasikmalaya menuju Bandung. Sewaktu melintasi di TKP bus tersebut menyalip sepeda motor Honda Vario Nopol D 2331 IA dikendarai oleh Arpan. Karena menghindar motor tersebut yang terlalu ke tengah Bus Budiman ini pun menabrak Bus Primajasa Nopol B 7136 FGA yang datang dari arah berlawanan (Bandung menuju Tasik). Setelah itu bagian belakang kendaraan Bus Primajasa tertabrak oleh Bus Budiman Nopol Z 7805 HC yang datang dari arah Bandung.

"Setelah ditabrak Bus Budiman dari arah belakang Bus Primajasa tak bisa dikendalikan sehingga menabrak rumah yang ada di TKP," ujar Yusri.

Korban luka-luka akibat kecelakaan tersebut, kata Yusri, langsung dibawa ke Puskesmas Malangbang. Sedangkan korban luka berat dirujuk ke sejumlah rumah sakit.