Senin , 28 August 2017, 15:43 WIB

Ini Tujuh Penumpang Avanza yang Tewas Akibat Tabrakan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Teguh Firmansyah
Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Kecelakaan Maut terjadi di Dukuh Alang-alang Amba Desa Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen, Ahad (27/8) sekitar pukul 21.45.  Mobil minibus Avanza yang menyalip truk, menghantam bus yang melaju dari arah berlawanan. Akibat kecelakaan tersebut, tujuh orang yang seluruhnya merupakan penumpang mobil minibus Avanza Avanza meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Kebumen, AKP Suryo Wibowo, menyebutkan ketujuh korban meninggal tersebut terdiri dari Kosim Abdullah (30), warga Desa Tengger Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Untung Raharjo (32) warga Desa Karangmangu Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Herly  Wibowo (24) warga Desa Doyon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Ato Suseno (40) warga Pekon Karangrejo Semaka Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Suharno (35) warga Desa Mulyo Ngembe Kecamatan Jakenan,  Eni (33) isteri Suharno, dan bayi berusia 1 tahun bernama Kenzi yang merupakan putra dari pasangan Suharno-Eni.

"Kecelakaan terjadi saat kondisi jalan tidak terlalu ramai. Informasinya, mereka berasal dari Karawang dan hendak menghadiri acara hajatan pernikahan di Kebumen," jelasnya, Senin (28/8). Seluruh jenazah korban, menurut AKP Suryo Wibowo, sudah dibawa ke kampung halaman masing-masing untuk dimakamkan.

Menurutnya, untuk memastikan kronologi kecalakaan tersebut, pihak Polres Kebumen melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) hingga dua kali. Olah TKP pertama dilakukan pada malam hari, beberapa saat setelah kejadian. Dan olah TKP kedua digelar Senin (28/8), dengan disaksikan pihak Dinas Perhubungan Jateng.

Meski demikian, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan tersangka dalam kecelakaan maut tersebut. "Kami masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Termasuk sopir bus yang kendaraanya beradu dengan Avanza juga masih kita mintai keterangan,'' jelasnya.

Berdasarkan olah TKP yang dilakukan pihak kepolisian, kecelakaan terjadi saat mobil Avanza bernopol T 1316 SL  melaju dari arah barat ke timur. Saat berada di jalur lurus antara Karanganyar-Gombong Kabupaten Kebumen, Avanza yang dikemudikan Herly  Wibowo (24) bermaksud menyalip truk yang ada dihadapannya.

Namun belum sampai Avanza tersebut selesai menyalip truk tersebut, dari arah berlawanan melaju bus Bus Kurnia bernopol B-1853-YZ. Akibatnya kecelakaan frontal tindak terhindarkan. Bus Kurnia yang dikemudikan Suroso (49), warga Desa Wirun Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, langsung beradu dengan Avanza yang sama-sama melaju kencang.

Kecalakaan tersebut menyebabkan mobil Avanza minibus ringsek di bagian depan hingga bagian kabin depan bodi mobil. Sedangkan bus Kurnia, juga mengalami ringsek di bagian bawah dengan seluruh kaca depan pecah. Namun tidak ada korban dari para penumpang bus.

AKP Suryo Wibowo menyebutkan, proses evakuasi berlangsung cukup lama karena kondisi Avanza yang ringsek. "Beberapa saat setelah kami mendapat laporan kejadian tersebut, sejumlah petugas langsung menuju lokasi. Seluruh korban kami kirim ke RS Muhammadiyah Gombong, dan proses evakuasi kendaaran baru selesai sekitar pukul 24.00," jelasnya.