Ahad , 10 September 2017, 20:43 WIB

PLN Mobile, Mudahkan Pelanggan Akses Layanan Listrik

Red: Winda Destiana Putri
Google
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi, Bali Nyoman Suwarjoni Astawa mengatakan pelayanan "PLN Mobile" sebagai aplikasi berbasis Android terus melakukan peningkatan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan lebih mudah. Saat ini bahkan sudah 100 ribu pengguna memiliki aplikasi tersebut.

"Saat ini aplikasi yang sudah 'ter-download' (unduh) lebih dari 100 ribu pengguna memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman," kata Suwarjoni Astawa pada acara sosialisasi mengisi acara "car free day" di kawasan Renon, Kota Denpasar, Bali, Ahad (10/9).

Ia mengatakan sejak dirilis pada 31 Oktober tahun lalu, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan dan sudah masuk ke versi 2.1. Dalam aplikasi ini terdapat fitur baru bagi pelanggan yang dapat menghubungi pusat layanan PLN 123 tanpa melalui telpon rumah dan operator selular, namun dengan menggunakan Voice over Internet Protocol (VIP).

Suwarjoni Astawa menjelaskan dengan "PLN Mobile" tersebut, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi dari fitur-fitur, antara lain cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, berita terkini mengenai PLN, informasi pemeliharaan listrik, dan telepon Contact Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Selain itu, terdapat pula fitur informasi pemeliharaan di lokasi pelanggan yang terdampak. Warga masyarakat atau pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi lewat aplikasi tersebut.

"Satu akun PLN Mobile bisa mendaftarkan maksimal empat IDPEL. Jadi bagi pelanggan seluruh golongan tarif bisa daftarkan IDPEL-nya dan segera memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Pelanggan jadi bisa mengontrol tagihan listriknya secara remote," ujar Suwarjoni Astawa didampingi Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Bali I Gusti Ketut Putra.

Suwarjoni Astawa lebih lanjut menjelaskan aplikasi "PLN Mobile" dapat diunduh pengguna smartphone Android melalui link https://goo.gl/6zXtBZ.

"Untuk pengguna iOS, sebentar lagi kami akan luncurkan dan segera menambah fitur-fitur lainnya yang lebih mutakhir, sehingga dapat semakin memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi," ujarnya.

Dikatakan, masih dalam semarak Hari Pelanggan Nasional, pihak PLN di beberapa kota meramaikan jalanan dengan memberikan hiburan menarik bagi peserta "car free day". Begitu juga di Pulau Dewata dilakukan di empat titik yakni Kota Denpasar, Gianyar, Buleleng, dan Negara.

"Di CFD tidak hanya sosialisasi terkait 'PLN Mobile', tetapi kami sediakan juga hadiah bagi pelanggan yang mendownload aplikasi ini di lokasi tersebut," ujarnya.

Pada ajang sosialisasi "PLN Mobile", pihak PLN memberikan promosi gratis token listrik prabayar senilai Rp20.000 bagi 100.000 pelanggan yang telah mengunduh aplikasi "PLN Mobile" dan mengaktivasi akun pada aplikasi tersebut.

Promosi ini berlaku bagi pelanggan listrik prabayar yang mengaktifkan aplikasi PLN Mobile terhitung mulai 10-30 September 2017. Informasi bahwa pelanggan menerima token listrik gratis pada menu informasi PLN maksimal dua hari setelah setelah pengaktivasian.

"Kami ingin mengapresiasi pelanggan yang telah mengunduh dan mengaktivasi 'PLN Mobile'. Untuk itu, kami memberikan promo menarik bagi pelanggan, yakni token listrik gratis senilai Rp20.000 bagi 100.000 pelanggan pertama yang aktivasi mulai Ahad  (10/9)," katanya.

Sumber : Antara