Selasa , 12 September 2017, 14:09 WIB

Ini Identitas Pasutri yang Tewas dengan Pakaian Shalat

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah
pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepasang suami istri, Zakaria Husni dan Zakiya Masrur ditemukan tidak bernyawa di Sungai Klawing Dusun Penisihan RT 001/01 Palumbungan  Bobotsari Purbalingga Jawa Tengah, Senin (11/9). Setelah diperiksa keduanya merupakan warga Jalan Pengairan No 21 RT 11/06 Bendungan Hilir Tanah Abang Jakarta Pusat.

Menurut keterangan Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono, diduga pasangan suami istri itu merupakan korban perampokan. Pasalnya, saat didatangi, rumah korban dalam keadaan kosong dan pintu terkunci. Diketahui satu unit mobil Toyota Altis B 2161 SBE Silver hilang bersama sejumlah barang lain.

"Ada tanda kekerasan, ada bercak darah di dalam rumahnya yang kita masih dalami," ujar Lukman saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/9).

Polisi telah memeriksa tiga saksi dan satu CCTV. Berdasarkan keterangan saksi, pada saat Ahad (10/9) malam, sempat terjadi kegaduhan. Penghuni kos yang menyewa tempat di pasangan suami istri tersebut juga disebut Lukman memberikan keterangan adanya kegaduhan tersebut. "Ada ribut-ribut sekitar jam 19.00 malam.  Anak perempuannya yang saat itu di atas nggak berani turun," tutur dia. 

Dugaan modus operandinya, pelaku berpura-pura bertamu, kemudian menganiaya korban untuk memudahkan menguasai barang milik korban. Meski demikian, Lukman belum bisa memastikan modus tersebut. "Kita belum bisa pastikan, kalau dilihat dari pintu masuk dari garasi, kalau garasi itu kan terbuka karena ada anak kos di situ," kata Lukman. 

Sejauh ini, identitas dan jumlah pelaku masih belum diketahui. Polisi masih berupaya mengumpulkan saksi dan bukti terkait kejadian ini.  "Kita koordinasi dengan Purbalingga, sementara kita dari Polsek Tanah Abang sama Polres Jakpus, kita telusuri dulu bagaimana pastinya. TKP awal kemungkinan di wilayah sini, di Benhil itu," ujar Lukman.

Sebelumnya, jasad pasangan suami istri, ditemukan di bawah jembatan Sungai Klawing Desa Desa Plumbungan Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga, Senin (11/9) pagi. Saat ditemukan warga, kedua jenazah terlihat mengambang di air Sungai Klawing yang sedang surut, dengan kondisi terbungkus bed cover.

Dari identifikasi yang dilakukan tim Inafis Polres Purbalingga, korban diperkirakan pasangan suami isteri bernama Husni Zarkasih (58) dan Zakiyah Husni (53). Dari KTP kedua korban, keduanya merupakan pasangan kelahiran Pekalongan, namun tercatat sebagai warga Jalan Pengairan Bendungan Hilir Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lebih dari itu, saat ditemukan kedua korban masih mengenakan pakaian sholat. Korban laki-laki masih mengenakan sarung dan baju koko warna putih, sedangkan korban yang perempuan masih mengenakan mukena. Diduga keduanya menjadi korban pembunuhan saat sedang atau sehabis melaksanakan shalat.