Kamis , 14 September 2017, 16:43 WIB

Tiga Hari Mendatang, Sumbar Dibayangi Ancaman Hujan Lebat

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
AP/Rodrigo Abd
Hujan lebat (ilustrasi)
Hujan lebat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Sumatra Barat masih dibayangi ancaman hujan lebat dalam tiga hari mendatang. Tak hanya itu, ombak tinggi juga berpotensi menggempur pesisir barat Sumatra Barat hingga esok hari. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Budi Iman Samiaji menyebutkan, gelombang dengan ketinggian 0,25 hingga 1,25 meter berpotensi muncul di perairan pesisir barat Kabupatan Pasaman Barat hingga pesisir barat Kabuapeten Pesisir Selatan.

Sementara itu, gelombang dengan ketinggian 0,75 hingga 2,25 meter berpotensi muncul di perairan barat Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Pulau Enggano. Potensi gelombang yang lebih tinggi, antara 2 hingga 3 meter, diproyeksi muncul di Samudra Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai hingga Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu.
 
Hujan lebat juga masih berpotensi mengguyur Sumatra Barat hingga 2-3 hari ke depan. Jumat (15/9) dini hari hingga pagi besok, potensi hujan lebat disertai petir muncul di Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Sijunjung, Solok, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan.
 
Sementara pada Jumat siang, potensi hujan lebat ditemui di Kepulauan Mentawai, Padang, Solok, Tanah Datar, Sijunjung, Pesisir Selatan, dan Kabupaten Solok. Untuk Sabtu (16/9) siang hingga sore hari, diperkirakan akan terjadi hujan ringan di Pasaman Barat. Sedangkan malamnya diperkirakan terjadi hujan ringan di Kepulauan Mentawai.

"Selamat beraktivitas dan tetap menjaga kewaspadaan," ujar Budi.