Sabtu , 07 Oktober 2017, 09:04 WIB

Banjir Landa Sejumlah Wilayah di Kabupaten Cilacap

Red: Andri Saubani
antara
Banjir (ilustrasi)
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, akibat hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (6/10) hingga Sabtu (7/10) pagi. "Wilayah yang terkena banjir, antara lain Desa Kawunganten dan Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, serta beberapa wilayah di kota Cilacap seperti Jalan Sutomo, sekitar RSUD Cilacap, dan RSI Fatimah," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara, Sabtu.

Bahkan, kata Tri, di Desa Kalijeruk tinggi genangan air dilaporkan sudah mencapai di atas 50 centimeter sehingga telah masuk ke rumah-rumah warga. Terkait dengan hal itu, pihaknya segera mengirimkan perahu ke Desa Kalijeruk. "Kami masih mendata jumlah rumah warga yang terendam banjir di Kalijeruk dan Kawunganten," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Marwoto mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, banjir yang terjadi pada Sabtu (7/10) pagi di sejumlah rumah sakit tidak sampai mengganggu pelayanan. "Banjir di sekitar RSUD hanya menggenangi perumahan dinas," katanya.

Demikian pula banjir di sekitar Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah Cilacap dilaporkan tidak sampai mengganggu pelayanan. Direktur RSI Fatimah, Tutuk Suwartiningrum, mengatakan banjir tidak sampai masuk ruang perawatan maupun instalasi rawat jalan. "Insya Allah tidak sampai mengganggu pelayanan," katanya.

Salah seorang warga Perumahan Ketapang, Cilacap, Adi Kurniawan, mengatakan hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (6/10) malam mengakibatkan banjir. "Bahkan, banjir juga masuk ke dalam rumah saya dengan tinggi genangan mencapai mata kaki," katanya

Sumber : Antara