Ahad , 08 October 2017, 15:07 WIB

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Desain Motif Batik

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andi Nur Aminah
Rekotomo/Antara
Membuat batik (ilustrasi)
Membuat batik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Sebanyak 277 pelajar SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purbalingga, mengikuti lomba desain motif batik yang dilaksanakan di pendopo Dipokusumo, Sabtu (7/10). Dalam lomba tersebut, pelajar dari SMA Negeri 1 Bukateja, Mufti Nur Rosyid, berhasil meraih juara 1 lomba Desain Batik 2017. Sedangkan juara 2, diraih Ikhsan Zainur dari SMK YPLP 2, dan juara 3 diraih Nashif Dhiya dari SMP N 1 Purbalingga.

Ketua Dekranasda Purbalingga, Erni Widyawati, mengatakan lomba desain motif batik itu digelar dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu. Lomba batik ini mengambil tema 'Pesona Goa Lawa', dimana motif Goa Lawa merupakan motif khas batik Purbalingga.

"Lomba ini digelar agar generasi muda kita lebih mengenal dan mencintai budaya memakai batik, terutama batik khas Purbalingga yang bermotif Gowa Lawa," jelasnya.

Dia menyebutkan, desain atau motif batik yang terpilih menjadi juara dalam lomba tersebut, kelak akan digunakan sebagai motif batik bagi seragam anak sekolah di Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Tasdi, mengapresiasi langkah Dekranasda Kabupaten Purbalingga dan OPD terkait untuk menyelenggarakan lomba desain motif batik pelajar 2017. "Kendala Perkembangan batik, salah satunya adalah regenerasi. Semoga dengan diadakan lomba desain motif batik yang diikuti jalangan pelajar ini, akan dapat menumbuhkan kreatifitas pelajar dan //nguri-uri budaya batik serta mengembangkan batik khas Purbalingga," jelasnya.

Berita Terkait