Jumat , 15 September 2017, 17:18 WIB

Wisatawan Malaysia Paling Banyak Kunjungi Palembang

Red: Yudha Manggala P Putra
Nova Wahyudi/Antara
Sejumlah pengunjung berfoto di Alquran raksasa di Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (3/6). Keberadaan Alquran raksasa (Alquran AL-Akbar) yang diukir di atas kayu trembesi itu menjadi destinasi wisata religi di Palembang.
Sejumlah pengunjung berfoto di Alquran raksasa di Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (3/6). Keberadaan Alquran raksasa (Alquran AL-Akbar) yang diukir di atas kayu trembesi itu menjadi destinasi wisata religi di Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Wisatawan dari Malaysia merupakan wisatawan mancanegara yang paling banyak berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir rata-rata tercatat 9.000 wisatawan mancanegara dari jumlah itu didominasi wisatawan dari Malaysia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, di Palembang, Jumat (15/9). Selain warga Malaysia, wisatawan asing lainnya yang tergolong paling banyak jumlahnya berkunjung ke kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu yakni warga Cina dan Singapura, katanya.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan asing ke kota ini diupayakan terus meningkat sehingga bisa menambah devisa negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing berkunjung ke kota ini, pihaknya berupaya melakukan penataan objek wisata yang ada dan berupaya mengembangkan objek wisata baru.

Objek wisata yang sedang dilakukan penataan seperti Benteng Kuto Besak yang berada di pusat kota daerah aliran Sungai Musi. Objek wisata tersebut saat ini sedang dilakukan pembangunan tugu ikan belido yang diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota ini karena karena ikan tersebut tergolong langka.

Kemudian terus menata pedestrian Sudirman yang sekarang ini mulai rutin menyajikan atraksi dan kesenian budaya khas Palembang, serta membangun "Taman Sky Park" di samping Jembatan Ampera.

Melalui upaya tersebut, pihaknya optimistis jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini bisa meningkat sesuai dengan target yang diharapkan sekitar 12 ribu orang, kata Isnaini.

Sumber : Antara

Berita Terkait