Senin , 25 September 2017, 14:19 WIB

Terkait Gunung Agung, Penerbangan Manado-Denpasar Masih Aman

Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Penerbangan rute Manado, Provinsi Sulawesi Utara-Denpasar dinilai masih aman. Hal itu terkait dari peningkatan status awas Gunung Agung di Provinsi Bali.

"Saat ini penerbangan dari Manado menuju Bali atau sebaliknya masih aman dan lancar," kata Communicatioan and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Yuristo Ardhi di Manado, Senin (25/9).

Memang, katanya peningkatan status Gunung Agung di Bali pastinya akan menjadi tanda awas bagi kegiatan penerbangan menuju Bali. "Tapi, biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dahulu jika memang jalur penerbangan ke Bali berbahaya karena abu vulkanik," jelasnya.

Jika belum ada pemberitahuan, kata dia, itu artinya penerbangan masih lancar dan aman. "Masyarakat tidak perlu khawatir, penerbangan menuju Bali dari Manado masih berjalan seperti biasa," jelasnya.

Saat ini, kata Yuristo penerbangan Manado-Bali dilayani tiga maskapai yakni Garuda, Nam Air, dan Lion. "Masing-masing maskapai tujuh penerbangan per minggu, jadi total untuk Manado-Bali per minggu ada 21 kali penerbangan," jelasnya.

Dia mengatakan saat ini untuk Nam Air belum beroperasi tapi jadwalnya masih ada. Gunung Agung di Karangasem Bali telah ditingkatkan statusnya menjadi awas pada Jumat malam, pukul 20.30 WITA. Gunung Agung terakhir meletus pada tanggal 18 mei 1963.

Sumber : Antara