Senin , 02 October 2017, 10:44 WIB

Donor Darah Lewat Facebook, Kenapa tidak?

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
hardware.com
Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook merilis fitur terbaru untuk donor darah. Fitur tersebut bisa membantu para pengguna Facebook di India untuk melakukan donor darah dan orang yang memerlukan darah.

Situs Mashable mengabarkan, tepat (1/10) kemarin fitur donor darah tersebut resmi diluncurkan sekaligus merayakan India's National Blood Donor Day. Facebook akan memberikan notifikasi fitur untuk sign up bagi para calon donor. Kemudian notifikasi tersebut akan terlihat pada timeline, dan bisa dilihat oleh para pengguna Facebook di India.

Bagi pendonor yang ingin bergabung juga bisa melakukan tag atau menandai dirinya untuk menjadi pendonor. Pengguna Facebook lain yang ingin menyebarkan informasi tersebut juga bisa membagi tautan dengan mudah.

Dalam waktu sekitar satu minggu, para pengguna Facebook yang membutuhkan darah hingga organisasi bisa melakukan order atau memesan darah melalui fitur tersebut. Data pendonor dan pencari donor akan tersampaikan berdasarkan target terdekat sesuai geografis. Para pendonor dan pencari donor bisa dengan mudah saling menemukan berdasarkan jarak terdekat. Ketika permintaan diterima, pihak organisasi akan langsung menghubungi via ponsel atau Facebook Messenger.

Alasan Facebook membuat fitur donor darah di India berdasarkan latar belakang tersebut yang kekurangan pendonor. India memiliki kekurangan donor darah 10 persen dari jumlah yang dibutuhkan. Lebih dari 38 ribu donasi dibutuhkan dalam sehari untuk mengatasi defisit darah yang berjumlah ratusan ribu hingga jutaan. "Pengguna menggunakan Facebook ribuan kali per minggu hanya untuk mencari donor darah," ujar Facebook Product Manager Hema Budaraju.

Fitur akan dirilis perdana untuk platform Android dan desktop. Dua platform tersebut menjadi yang terbanyak digunakan para pengguna Facebook di India. Facebook juga mengirimkan notifikasi pada para pengguna untuk bergabung sebagai pendonor melalui sebuah link. Pengguna bisa langsung melakukan sign up apabila ingin bergabung sebagai pendonor.