Rabu , 18 October 2017, 16:32 WIB

Banjir Malang, PMI Mulai Turunkan Bantuan

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Endro Yuwanto
Dwi Murdaningsih
Relawan PMI saat latihan teknik mendayung dan cara menolong korban tenggelam di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu (7/12).
Relawan PMI saat latihan teknik mendayung dan cara menolong korban tenggelam di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sejumlah relawan dari berbagai lembaga termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang mulai turun memberikan bantuan pada korban bencana banjir di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilijanto menyatakan, sekitar 30 relawan PMI telah menyiapkan bantuan yang diperlukan masyarakat.

Aprilijanto menerangkan, terdapat 255 keluarga yang terdampak banjir di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jumlah ini belum termasuk satu dusun yang masih belum bisa ditembus. Saat ini, PMI belum dapat mencapainya mengingat genangan air di dusun tersebut masih cukup deras dan membahayakan.

"Kami perlu kehati-hatian untuk menembus ke sana. Namun ini relawan kami sedang berupaya menembus ke wilayah itu," ujar Aprilijanto saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (18/10).

Di sisi lain, Aprilijanto menyatakan, PMI telah menyiapkan bantuan berupa dapur umum. Dapur umum ini didirikan di posko yang berada di Balai Gereja Kristen Jawi Wetan Induk Sitiarjo. Hingga saat ini, PMI baru bisa menyiapkan satu dapur umum ini untuk melayani satu desa.

"Jadi sekarang kami masih menyiapkan dapur umum dulu, ya walaupun masih sementara belum ada pengungsian. Namun warga yang rumahnya terdampak masih belum bisa masak hingga saat ini," jelas Aprilijanto.