Sabtu , 28 October 2017, 05:22 WIB

Pemkot Yogya Berikan Beasiswa untuk Siswa dengan UN Terbaik

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Andi Nur Aminah
Beasiswa (ilustrasi)
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 895 siswa berprestasi jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se-Kota Yogyakarta menerima beasiswa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Beasiswa tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana, mengatakan beasiswa diberikan kepada para siswa yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK tahun ajaran 2016-2017 yang mendapatkan nilai Ujian Nasional terbaik peringkat satu, dua dan tiga di tingkat Kelurahan dari warga pemegang KMS maupun non-KMS (Kartu Menuju Sejahtera).

"Ini adalah program Pemkot Yogya yang bertujuan untuk memberikan reward kepada peserta didik warga Kota Yogya yang telah menyelesaikan jenjang pedidikannya guna memotivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi," katanya di aula SMPN 1 Yogya, beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan peserta didik yang berhak mengajukan beasiswa adalah mereka yang telah memenui persyaratan administrasi yang sudah ditentukan. Seperti mengumpulkan fotocopy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang telah di legalisir, mengumpulkan fotocopy kartu keluarga, akte kelahiran dan fotocopy KMS yang dilegalisir pihak kelurahan.

Menurutnya, besaran beasiswa tersebut berdasarkan jenjang. Untuk SD/MI siswa dengan ranking pertama mendapatkan Rp 1 juta, sementara untuk siswa dengan ranking kedua dan ketiga mendapatkan Rp 800 ribu dan Rp 600 ribu.

Untuk jenjang SMP/MTs, siswa dengan ranking pertama mendapatkan Rp 1,2 juta, dan untuk siswa dengan peringkat kedua dan ketiga mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta dan Rp 800 ribu.

Sedangkan untuk jenjang SMA/MA siswa dengan ranking pertama mendapatkan Rp 1,5 juta, sementara untuk siswa dengan ranking kedua dan ketiga mendapatkan Rp 1,3 juta dan Rp 1,1 juta. Untuk jenjang SMK siswa dengan ranking pertama mendapatkan Rp 1,6 juta, sementara untuk siswa dengan ranking kedua dan ketiga mendapatkan Rp 1,4 juta dan Rp 1,2 juta. "Jumlah penerima beasiswa berprestasi sebanyak 429 siswa untuk pemegang KMS dan 465 untuk siswa non-KMS," katanya.

Ia berharap dengan adanya program beasiswa tersebut pemerintah mengharapkan agar para pelajar yang ada di Kota Yogya termotivasi untuk belajar lebih giat dan meneruskan pendidikan lebih tinggi lagi. Salah satu orang tua penerima beasiswa, Esti Nareswari, mengatakan ia sangat bersyukur dengan adanya perhatian khusus dari Pemkot Yogyaka kepada siswa-siswa berprestasi.

"Program ini sangat membantu meringankan beban orang tua dalam pembiayaan pendidikan. Semoga hal ini dapat lebih memacu semangat belajar dan prestasi siswa di Kota Yogyakarta yang akan berdampak besar bagi peningkatan kualitas pendidikan," ujar dia.