Senin , 30 October 2017, 12:14 WIB

Tuan Guru Bajang Ajak Pemuda Singkirkan Perbedaan

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Wihdan Hidayat
Muhammad Zainul Majdi
Muhammad Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi berharap para pemuda dan pelajar di NTB terus memperkuat komitmen keIndonesiaan bagi kejayaan dan kemajuan bangsa dan juga NTB. Pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) ini mengajak seluruh generasi muda untuk terus mengobarkan api semangat sumpah pemuda dan berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, serta meninggalkan ego kesukuan, keagamaan, dan kedaerahan.

"Perbanyaklah perjumpaan, perkuat silaturahmi, dan titik-titik kesamaan serta sisihkan perbedaan," ujar TGB saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Lapangan Bumi Gora, Kantor Gubernur NTB, Senin (30/10).

TGB juga mengajak para pemuda untuk bersyukur kepada karunia yang diberikan Allah SWT atas karunia kemerdekaan dan kesatuan Indonesia. Kemudian, TGB meminta para pemuda untuk mengingat kembali peran pemuda pas masa terdahulu yang bersusah payah mendeklasikan Sumpah Pemuda pada 1928.

"Pemuda wajib senantiasa menghidupkan persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab harus diingat, kemerdekaan dan persatuan kesatuan bangsa ini dicapai dengan tetesan darah dan hasil perjuangan panjang yang penuh dengan pengorbanan dan air mata," kata TGB.