Senin , 30 Oktober 2017, 16:08 WIB

Wali Kota Pangkalpinang Gelorakan Semangat Sukarno

Red: Joko Sadewo
istimewa/pangkalpinang.go.id
Mohammad Irwansyah (kiri)
Mohammad Irwansyah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah mengajak pemuda agar tidak puas diri dengan pencapaiannya. Pemuda Indonesia harus mengingat pesan yang disampaikan mantan presiden Sukarno.

"Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir," kata Irwansyah mengutip pidato Sukarno, saat memperingati upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Pankalpinang, Senin (30/10).

Irwansyah mengatakan tantangan bangsa Indonesia ke depan lebih kompleks. Karena itu, pemuda-pemudi Indonesia harus merenungi petikan pidato Bung Karno di atas.

Pernyataan Bung Karno, tentang 'Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia', harus betul-betul diresapi. Artinya kuantitas tidak akan cukup membawa bangsa ini maju. Tapi kualitas juga sangat penting untuk membawa bangsa ini maju.

"Jawabannya hanya terletak pada pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi besar dalam menatap dunia," kata Irwansyah, yang tengah disebut sebagai tokoh moncer yang layak diusung di Pilkada Sumatera Selatan ini.

Irwansyah juga menyarankan agar pemuda-pemudi aktif berorganisasi dan meraih prestasi di bidang masing-masing. Irwansyah sendiri pernah menjabat sebagai Bendahara Umum DPP Pemuda Panca Marga. Di samping itu dia juga sempat berkecimpung mengelola klub sepak bola Sriwijaya FC bersama Rahmat Darmawan dengan menorehkan double winner 2007/2008, menjuarai Liga Super Indonesia dan Copa Indonesia.