Senin , 06 November 2017, 11:07 WIB

In Picture: Taman Nasional Way Kambas Mulai Berbenah

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Mohamad Amin Madani
Pawang gajah siap menanti sapaan pengunjung Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Setelah bertahun-tahun terbengkalai, jalan masuk menuju kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, mulai diperbaiki. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menganggarkan Rp 10 miliar agar akses jalan TNWK nyaman, mantap, dan mulus menjelang Festival Way Kambas pada 11-13 November 2017.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung menggelontorkan dana RP 10 miliar agar akses jalan menuju TNWK menjadi mulus dan mantap. Perbaikan jalan sudah melebihi progres 75 persen. Diharapkan perbaikan sudah mencapai 100 persen menjelang Festival Way Kambas pertengahan November 2017.

Berdasarkan data republika.co.id menyebutkan, TNWK telah diresmikan sebagai ASEAN Heritage Park (AHP) ke-36. Peresmian TNWK sebagai AHP dilakukan di TNWK Kabupaten Lampung Timur, Rabu (27/7). AHP sendiri merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN dengan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang unik. Status TNWK sebagai AHP ditetapkan pada saat sidang ke-13 ASEAN Ministerial Meeting on The Environment tahun 2015 lalu di Hanoi, Vietnam.

TNWK dengan total area 125.621,30 hektare merupakan habitat penting bagi satwa-satwa endemik Sumatra yang keberadaannya terancam punah seperti gajah sumatra, harimau sumatra, badak sumatra, beruang madu dan tapir. Di dalam kawasan TNWK sudah terdapat Rumah Sakit Gajah Rubini Atmawidjaja yang diresmikan pada 5 November 2015.

Kabag Humas dan Komunikasi Publik Pemprov Lampung Heriyansyah mengatakan, Dinas PUPR Lampung telah memperbaiki akses jalan menuju TNWK setelah banyak keluhan dari pengunjung destinasi wisata alam tersebut. "Dinas PUPR sedang memperbaiki akses jalan ke TNWK," kata Heriyansyah, Senin (6/11).

Berita Terkait