Selasa , 07 November 2017, 12:35 WIB

Hari Pahlawan, Warga Jatim Diimbau Kibarkan Bendera

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Republika/Dadang Kurnia
 Ribuan santri asal Sidoarjo mengikuti kegiatan ngaji kitab kuning bersama dalam rangka memperingati Hari Santri di GOR Delta Sidoarjo, Jalan Pahlawan, Magersari, Sidoarjo, Ahad (22/10).
Ribuan santri asal Sidoarjo mengikuti kegiatan ngaji kitab kuning bersama dalam rangka memperingati Hari Santri di GOR Delta Sidoarjo, Jalan Pahlawan, Magersari, Sidoarjo, Ahad (22/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengimbau seluruh komponen masyarakat, terutama instansi pemerintahan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh pada Hari Pahlawan 10 November. Imbauan ini, sesuai surat edaran Gubernur Jatim nomor 460/6367/012.4/2017 perihal Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017.

"Jadi semua komponen, baik masyarakat dan instansi diimbau untuk mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh pada tanggal 10 November 2017," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampir Wanto di Ruang kerjanya, Jalan Pahlawan nomor 110, Surabaya, Selasa (7/11).
 
Benny menjelaskan surat edaran ini ditujukan kepada Kakanwil kementerian Provinsi Jatim, OPD-OPD di Jatim, Rektor PTN/PTS, Dirut BUMD/BUMN/PT, kepala perum, direktur bank pemerintah/swasta, serta direktur organisasi/lembaga/profesi.
 
Selain pengibaran bendera, lanjut Benny, Soekarwo juga menginstruksikan instansi-instansi di Jawa Timur untuk menyelenggarakan upacara bendera. Dalam upacara tersebut, diamanatkan untuk mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik.
 
"Ada amanat untuk mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik mulai pukul 08.15 WIB," ujar Benny.
 
Di jajaran Pemprov Jatim, kata Benny, upacara bendera dilaksanakan di Halaman Tugu Pahlawan pada tanggal 10 November 2017 jam 08.00 WIB. Direncanakan, Soekarwo akan hadir sebagai inspektur upacara. Adapun tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 adalah Perkokoh Persatuan Membangun Negeri.