Rabu , 08 November 2017, 20:17 WIB

Masyarakat Diminta Manfaatkan BPJS Ketenagakerjaan

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Elba Damhuri
Republika/Indra Wisnu Wardhana
Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah
Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta masyarakat agar memanfaatkan klaim Jaminan Kematian (JKM) yang dilayani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Menurutnya, jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan mampu memberikan perlindungan bagi pekerja dalam menjalankan aktivitas pekerjaannya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh perusahaan dan instansi yang menggunakan tenaga kerja di Kota Padang wajib melindungi pekerjanya. Salah satunya dengan mendaftarkan mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mahyeldi juga menyerahkan santunan jaminan kematian (JKM) bagi warganya. Bantuan tersebut merupakan klaim JKM dari Cabang Padang yang diperuntukkan bagi Vinc Darman Z yang meninggal karena sakit selaku peserta jaminan. Total bantuan yang diserahkan sebanyak Rp 46 Juta lebih yang diterima sang istri Ferhanty Gee.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Aland Lucy Patity, menyaksikan langsung penyerahan bantuan yang dilangsungkan di Perumahan Banuaran Indah Blok No 25 Kelurahan Banuaran Nan XX Kecamatan Lubuak Bagaluang (Lubeg) itu.

"Bagi setiap instansi dan perusahaan memang harus melindungi para karyawannya. Karena demi memberikan rasa aman dan kepedulian bagi mereka dan keluarga yang ditinggalkan," ujar Mahyeldi, Rabu (8/11).

Lebih lanjut Mahyeldi mengimbau, bagi masyarakat khususnya pencari kerja (pencaker) agar dapat memilih tempat bekerja di instansi atau perusahaan yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan bagi semua perusahaan, lanjutnya, harus melakukan kerja sama dengan mendaftarkan karyawannya sebagai peserta badan penyelenggara jaminan sosial tersebut.

"Semoga, bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan pihak keluarga dengan sebaik-baiknya. Terutama sekali bagi keperluan anak-anak dan kebutuhan sehari-hari," kata Mahyeldi.

Adapun penyerahan santunan ini juga disaksikan perwakilan PT. Incasi Raya Unit Lunang sebagai perusahaan tempat Vinc Darman Z bekerja sebelum meninggal.