Selasa , 14 November 2017, 21:59 WIB

Bunga Bangkai Tumbuh di Sukabumi

Rep: Riga Nurul/ Red: Winda Destiana Putri
antara
Bunga Bangkai
Bunga Bangkai

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga dan pelajar di SMP Negeri 10 Sukabumi dihebohkan dengan penemuan bunga bangkai atau Amorphophallus titanum Becc. Keberadaan bunga bangkai yang langka ini kini menjadi tontonan pelajar dan warga sekitar.

Bungai bangkai ini ditemukan di halaman belakang sekolah SMPN 10 Sukabumi yang berada di Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. "Kami baru menemukannya pada hari Ahad (12/11)," ujar Kepala Sekolah SMPN 10 Sukabumi, Agus Mulyana kepada wartawan Selasa (14/11). 

Temuan ini kata dia pertama kali dilaporkan oleh pengurus kebun di sekolah. Setelah dilakukan pengecekan lanjut dia ternyata memang benar ada bunga bangkai. 

Uniknya terang Agus, bunga bangkai ini memiliki tunas hingga tiga padahal biasanya hanya satu. Ketinggian bunga tersebut mencapai sekiitar 35 centimeter dan diameter masing-masing tunas sekiar 20 centimeter.

Agus mengungkapkan, dari informasi yang diperolehnya bunga ini mengeluarkan bau yang kurang sedap pada sore hari. Hal ini kata dia sudah dirasakan oleh sejumlah guru yang ada di sekolah.

Rencananya ungkap Agus, bunga bangkai ini akan menjadi bahan penelitian bagi pelajar di sekolah. Sehingga kata dia para pelajar bisa mengetahui secara baik mengenai jenis tumbuhan yang ada di alam.

Salah seorang pelajar SMPN 10 Sukabumi, Meisya Maulia menuturkan, ia dan teman-temannya baru pertama kali melihat bunga bangkai. "Sebelumnya hanya bisa melihat di buku atau televisi," cetus dia.

Menurut Meisya, bunga bangkai ini juga rencananya akan menjadi bahan penelitian pelajar di sekolah. Hal ini kata dia karena keberadaan bunga bangkai ini jarang ditemui.