Rabu , 15 November 2017, 10:38 WIB

Anggota Brimob Gugur Ditembak KKB di Tembagapura, Papua

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Endro Yuwanto
www.metro.co.uk
Korban tewas (ilustrasi)
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua anggota Brimob tertembak saat melakukan patroli di distrik Tembagapura, Papua pada Rabu (15/11) dinihari WIT. Satu di antaranya tewas. Saat itu, satgas terpadu Brimob Den B Polda Papua sedang melaksanakan patroli penyelidikan.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz menjelaskan, kejadian berawal dari penembakan pada hari Selasa (14/11) pukul 08.20 WIT terhadap kendaraan patroli zona Tembagapura di mile 69. Penembakan ini mengakibatkan salah satu karyawan atas nama Raden Totok mengalami luka tembak di bagian paha kanan.

"Kemudian pada hari Rabu sekira pukul 03.50 WIT terjadi penembakan terhadap anggota Brimob yang sedang patroli menelusuri perbukitan di daerah mile 69 oleh KKB," ujar Suryadi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/11).

Dua personel yang melaksanakan patroli/penyelidikan ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang mengakibatkan kedua korban mengalami luka tembak. Adapun identitas korban adalah Brigadir Firman dan Bripka Yongky Rumte. "Hingga saat ini pelaku masih dalam penyelidikan," kata Suryadi.

Sementara, jenazah keduanya dievakuasi ke Timika. Langkah-langkah yang dilakukan kepolisian yaitu mengevakuasi korban dan melakukan penyelidikan lebih lanjut.