Rabu , 15 November 2017, 13:14 WIB

Duh, Pengunjung TSI Beri Minuman Beralkohol ke Satwa

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Hazliansyah
Antara
Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Publik kembali dikejutkan dengan beredarnya satu video di sosial media. Kali ini giliran video yang memperlihatkan ulah wisatawan muda yang melakukan tidak terpuji.

Dalam video yang tengah viral, terlihat wisatawan muda memberikan minuman keras yang diduga anggur merah ke satwa saat mereka sedang berwisata di Taman Safari Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Adalah akun @alyccaaa dan @philipbiondi yang mengabadikan video tersebut. Terlihat wisatawan laki-laki dan perempuan itu memberikan minuman beralkohol tersebut ke satwa kijang dan kuda nil.

Pihak Taman Safari Indonesia (TSI) membenarkan adanya tindakan pengunjung yang memberikan minuman keras ke satwa.

"Betul ada kejadian itu, tepatnya kemarin sore," ujar Kepala Humas TSI Yulius H Suprihardo ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (15/11).

Yulius menambahkan, kejadian tersebut diketahui TSI setelah tim Marketing Communication (Marcomm) melihat unggahan video di Instagram.

"Mereka mengambil tindakan dengan memanggil tim keamanan. Sayang, karena baru diketahui beberapa jam setelahnya, keberadaan pelaku sudah tidak terlacak," ujar Yulius.

Menurut Yulius, ini merupakan kali pertama ada kejadian pemberian air keras ke satwa. Selama ini, interaksi antara pengunjunh dengan satwa terbatas pada pemberian makan. Itupun dengan pembatasan, makanan yang diberi tidak boleh menggunakan pembungkus plastik dan ikatan bambu.

Mewakili manajemen TSI, Yulius sangat menyayangkan atas kejadian tersebut dan menyebutnya sebagai tindakan tidak terpuji serta kurang ajar.

"Harusnya satwa itu dilindungi dan dijaga. Kenapa ada orang setega itu memberikan minuman keras. Coba mereka membayangkan ketika anak mereka diperlakukan hal sama," ucapnya.