Senin , 20 November 2017, 14:34 WIB

13 Puskesmas di Palembang Beroperasi 24 Jam

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Feny Selly
Pelayanan di Puskesman (ilustrasi).
Pelayanan di Puskesman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai memberlakukan pelayanaan kesehatan 24 jam yang dilakukan Puskesmas yang ada di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tersebut.  Launching pelayanan Puskesmas 24 jam dilakukan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Senin (20/11) yang di pusatkan di kawasan Kambang Iwak.

Launching layanan Puskesmas 24 jam di Palembang tersebut dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Palembang Sulaiman Amin. Seperti yang telah dicanangkan Walikota Palembang Harnojooyo, pelayanan kesehatan menjadi hal utama, pelayanan di puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.
 
"Hari ini kita launching layanan 24 jam pada 13 Puskemas di Palembang," katanya.
 
Menurut Sulaiman Amin, program pelayanan kesehatan yang terbaik merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota Palembang. Untuk memberikan pelayanan terbaik tersebut, Puskesmas di Palembang akan memberikan pelayanan selama 24 jam.
 
Sementara itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia, saat ini hampir semua Puskesmas di Palembang telah terakreditasi. Ini menunjukkan bahwa Puskesmas di Palembang telah melakukan pelayanan dengan baik. Bahkan sebagian besar telah terakreditasi paripurna, utama, dan madya. Puskesmas inilah yang kita canangkan untuk pelayanan 24 jam ujarnya.
 
Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa menjelaskan, Pemerintah Kota Palembang terus berupaya meningkatkan pelayanan ksehatan di tingkat Puskesmas dengan menambah jam operasional guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Jam operasional beberapa Puskesmas dalam waktu dekat akan ditingkatkan waktu operasional dari jam kerja normal menjadi 24 jam, katanya.
 
Menurut Harobin, menghadapi Asian Games XVIII pada 2018, Pemkot Palembang mendorong Dinas Kesehatan secara bertahap bisa meningkatkan kualitas atau akreditasi 40 puskesmas yang ada. Untuk meningkatkan kualitas Puskesmas telah dilakukan akreditasi dan mendorong sistem manajemen mutu pengelolaannya berstandar ISO atau International Standars Organization," ujar Sekda Palembang.
 

Berita Terkait