Kamis , 07 December 2017, 20:45 WIB

Peringatan Hari Bela Negara di Padang akan Dihadiri Presiden

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/ Wihdan
Joko Widodo - Presiden Indonesia
Joko Widodo - Presiden Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir kembali ke Kota Padang, Sumatra Barat. Jokowi direncanakan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang jatuh pada 19 Desember 2017 mendatang.

Demi mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi ini, Pemerintah Kota Padang menggelar rapat persiapan pada Kamis (7/12) ini. Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel, menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan protokoler Kepresidenan terkait peringatan HBN 2017 mendatang.

"Kita telah berkordinasi dengan pihak Kementerian Pertahanan terkait kehadiran bapak Presiden menjadi inspektur upacara nantinya. Insyaallah, kita sudah menyiapkan segala sesuatunya," jelas Asnel.

Asnel berharap momentum peringatan HBN tahun ini dapat berjalan dengan khidmat. Apalagi, lanjutnya, peringatan ini berlandaskan peristiwa bersejarah bagi Indonesia, yakni tercetusnya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumbar.

"Untuk itu kita akan bekerja semaksimal mungkin menyukseskan HBN 2017 ini. Kami harapkan Presiden bisa hadir sehingga kegiatan berlangsung lebih semarak dan meriah," jelasnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Padang, Mursalim dalam kesempatan itu mengatakan, upacara akan dipusatkan di Stadion GOR H Agus Salim, pada Selasa (19/12) pagi. "Di samping upacara, juga akan digelar berbagai kegiatan seremonial. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti ribuan peserta termasuk para veteran," katanya.