Jumat , 28 Oktober 2016, 14:18 WIB

PLN Berikan Bantuan Pendidikan untuk Warga Labuan Bajo

Rep: Frederikus Bata/ Red: Dwi Murdaningsih
Yogi Ardhi/Republika
Warga di sekitar Pelabuhan Komodo, Labuan Bajo, NTT.
Warga di sekitar Pelabuhan Komodo, Labuan Bajo, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO - - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan pembangunan taman baca di 10 lokasi di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN).

PLN juga memberikan bantuan renovasi ruang kelas SD, pembuatan dermaga serta elektrifikasi untuk 400 kepala keluarga di NTT. Total dana yang dikeluarkan  sebesar  Rp 2.865 Milyar.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur Machnizon Masri. Menteri BUMN Rini Soemarno turut hadir di Labuan Bajo, dalam balutan acara Sinergi BUMN untuk Negeri, Kamis (27/10).

Pemberian bantuan ini adalah bentuk rasa syukur PLN dalam memperingati HLN ke-71 sekaligus perwujudan sinergi seluruh BUMN. "BUMN adalah bagian dari masyarakat Indonesia dan oleh karenanya harus berkontribusi dalam membangun negeri tanpa kecuali,” ujar Rini Soemarno.

Fokus bantuan PLN, di pulau Flores ditujukan untuk pembangunan Pendidikan dan kelistrikan. Rinciannya sebagai berikut, pertama renovasi dua ruang kelas SD Pasir Panjang Pulau Rinca masing-masing Rp 75 juta, total Rp 150 Juta.

Berikutnya,  bantuan taman bacaan PLN Peduli 10 sekolah tersebar, total Rp 1,39 miliar. Ketiga,  pembuatan dermaga dengan total bantuan Rp 275 juta yang dilakukan bersama BUMN lainnya

Keempat, pengecatan di 10 sekolah masing-masing Rp 25 juta, total Rp 250 Juta. Kelima, elektrifikasi untuk 400 kepala keluarga di NTT dengan total bantuan Rp 800 juta.

 "Alhamdulillah, di Hari Kelistrikan Nasional ke-71 ini, kami bisa membagikan kebahagiaan untuk warga Labuan Bajo dan sekitarnya, kami harap dengan pembangunan taman baca baru ini bisa memberikan motivasi kepada adik-adik kita agar lebih giat membaca," ujar Machnizo.